Konferensi Guru Indonesia (download Makalah)

Konferensi Guru Indonesia adalah konferensi ilmiah yang ditujukan bagi para guru dan Kepala Sekolah tingkat SMP, SMA dan sederajat di seluruh Indonesia. Konferensi Guru Indonesia akan diselenggarakan secara rutin setiap tahun dengan sesi-sesi yang dirancang dalam format seminar maupun workshop yang akan dibagi dalam beberapa kelas paralel.

Konferensi ini diselenggarakan oleh ProVisi Education dan Sampoerna Foundation sebagai bagian dari kepedulian bersama untuk senantiasa memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Latar Belakang

Fakta bahwa daya saing SDM Indonesia hanya menduduki urutan ke-109 dari 174 negara (menurut riset yang dilakukan oleh UNDP pada tahun 2000) telah memberikan sinyal kepada kita bahwa kepentingan untuk meningkatkan kemampuan guru merupakan investasi jangka panjang dalam meningkatkan kemampuan SDM kita di masa yang akan datang.

Ditambah dengan data dari Depdiknas yang menyatakan bahwa guru yang layak mengajar hanya 64,1 persen (untuk tingkat SMP); dan 67,1 persen (untuk tingkat SMA), potret pendidikan di Indonesia semakin jelas menunjukkan kondisi yang memprihatinkan.

Banyak guru yang masih memiliki paradigma bahwa murid hanya perlu diajarkan materi untuk menghadapi ujian, sehingga proses pembelajaran pun ditekankan pada content dengan metode pengajaran tunggal, yaitu ceramah.

Mengacu pada konsep Lima Visi Pendidikan dari Unesco, yaitu Learning how to think, how to do, how to be, how to learn, how to live together, para guru perlu memperoleh wawasan dan informasi mengenai paradigma pendidikan, berbagai metode pembelajaran, termasuk melakukan inovasi dalam mengajar dan pola pengasuhan murid.

Atas dasar itulah Konferensi Guru Indonesia diselenggarakan dengan mengusung berbagai macam tema yang memberikan kesempatan kepada para guru dan Kepala Sekolah untuk memperluas wawasan mereka dan saling belajar satu sama lain.

Sasaran

Konferensi Guru Indonesia diselenggarakan dengan sasaran sebagai berikut:

Meningkatkan semangat belajar dan berbagi pengetahuan dan pengalaman antara para guru di Indonesia

Sebagai suatu kegiatan untuk memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada guru yang berkualitas

Menggalang berbagai pihak untuk secara bersama-sama memberikan kontribusi demi perbaikan pendidikan nasional

Ruang Lingkup

Adapun lingkup dari Konferensi guru Indonesia ini adalah:

Berskala nasional
Fokus pada pendidikan menengah keatas (SMP, SMA dan sederajat)

Terbuka bagi guru dari sekolah internasional, sekolah swasta, sekolah negeri, maupun sekolah berbasis keagamaan

Terbuka bagi perusahaan, LSM, dan organisasi non-profit lainnya.

Hasil yang Diharapkan:

Meningkatnya wawasan dan pengetahuan para guru dan Kepala Sekolah dalam mencari cara untuk menyediakan pembelajaran yang lebih berkualitas di sekolah masing-masing

Meningkatnya kesadaran berbagai pihak, baik yang berkaitan secara langsung dengan pendidikan maupun yang tidak, untuk memberikan kontribusi terhadap pendidikan di Indonesia

Secara individu, para guru dan Kepala Sekolah termotivasi untuk secara terus-menerus memperbaiki diri agar mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran yang lebih efektif terhadap para murid.
download Makalah disini : http://www.guruindonesia.net/downloadmakalah.php

Iklan

23 Replies to “Konferensi Guru Indonesia (download Makalah)”

  1. Dear pak Arief..
    terima kasih atas respon nya, sebelumnya saya mohon maaf, karena saya belum memiliki Materi selengkap yang bapak minta.. namun saya akan usahakan.. meng-Upload semua ke Web Log ini..
    keterbatasan Waktu yang saya miliki dan tidak bisa Online Tiap hari “lagi” adalah kendala utama saya saat ini..
    namun itu tidak akan menyurutkan kita untuk memajukan pendidikan di Indonesia bukan..?
    bangkitlah Pendidikan Indonesia..!! MERDEKA.!
    wassalam,

  2. kalo ada yg baru ttg apa aja mengenai sekolah,peraturan, kebijakan atau apapun tolong dong di send ke web.atau email saya..maklum kami daerah pedalaman..walau jauh tapi nggak mau juga ketinggalan..thanks

  3. Assalam Mu`alaikum Ibu Mariana..
    Website ibu “bagus” juga..
    Luarr biasa….
    tetap ditingkatkan fungsi dan Content nya bu..
    saya yakin.. akan memberi banyak manfaat juga untuk pendidikan Indonesia..
    wassalam.

  4. Assalamu’alaikum wr wb
    Saya membutuhkan sekali contoh proposal Penelitian Tindakan Kelas khususnya mapel matematika, mohon saya dikirimi contohnya lewat email saya … terimakasih
    Wassalammu’alaikum wr wb

  5. Saya ingin bertanya, bagaimana caranya untuk bisa usul naik pangkat ke IV/b, kami berada di pedalaman Papua, butuh informasi yang lengkap, jika ada yang sudah pernah usul, tolong kasih info …ya.
    Dan saya mau minta tolong ke teman-teman agar bisa bantu kirim contoh-contoh makalah tentang Penelitian tindakan kelas untuk Ekonomi di SMP.

    Terima kasih.

  6. Dear bu….

    Salut atas komitmen ibu memajukan pendidikan nasional (andai ibu aja yang jadi menteri pendidikan..he..he)

    Bu. Saya guru di Nanggroe Aceh Darussalam yang saat ini sedang bangkit “lagi” pasca tsunami…boleh tidak bu, saya minta tolong dikirim ke email saya contoh-contoh proposal penelitian pendidikan khususnya matematika..

    kalau ada sekalian contoh RPP untuk matematika kelas X SMA/MA…

    Terimakasih banyak…

  7. mohon dengan sangat untuk mendapatkan kiriman segala naskah/artikel / berita terbaru tentang pendidikan. begitu pula sebaliknya saya akan mengirim artikel/naskah tentang pendidikan kepada lainnya

    terima kasih.
    naf’an abu mansur

  8. KGI memang patut terus dilaksanakan secara kontinyu setiap tahun karena merupakan salah satu ajang sharing, dan menimba ilmu. Namun tentunya perlu biaya yang terjangkau bagi guru ., jangan sampai membuat kecewa para guru yang masih mempunyai semangat tinggi untuk ikut konferensi seperti saya ini………. Begitu mendapatkan informasi tentang akan diselenggarakan KGI 26-27 2007 hati saya berbunga-bunga dan menyambut dengan gembira tetapi begitu mendengar biaya resgristasinya yang tak terjangkau oleh saya……… bunga yang sedang merekah di hati saya kontan layu……… semangat spontan hilang …. lemes dan nglokro ……. keinginan mengikuti KGI 2007 hanya harapan ……………..

  9. Kepada bapak/ibu yang telah mengikuti KGI 2007

    Salam Bahagia

    Bapak/Ibu yang berbahagia yang berkesempatan mengikuti Konferensi Guru Indonesia 2007, saya sangat berharap kepada bapak/ibu berkenan membagi ilmunya baik berupa tayangan power-point maupun dalam bentuk apapun dan mengirimkannya ke e-mail saya : tuti300756@yahoo.com. Demikianlah, besar harapam kepada bapak/ibu untuk berkenan mengirimkannya. Tak lupa ungkapan terimakasih kepada bapak/ibu, semoga kebaikan bapak/ibu akan mendapatkan balasan yang berlimpah dari Allah SWt.

    Salam,
    Tuti JR

  10. bapak/ibu saya minta tolong kirim makalah atau proposal PTK apapun judulnya. terima kasih dan semoga menjadi amal ibadah ibu/bapak sekalian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s