KTSP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (what`s Up..?!?)

KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional.Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan kurikulum pada KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada SI dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selain dari itu, penyusunan KTSP juga harus mengikuti ketentuan lain yang menyangkut kurikulum dalam UU 20/2003 dan PP 19/2005. Panduan yang disusun BSNP terdiri atas dua bagian. Pertama, Panduan Umum yang memuat ketentuan umum pengembangan kurikulum yang dapat diterapkan pada satuan pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang terdapat dalam SI dan SKL.Termasuk dalam ketentuan umum adalah penjabaran amanat dalam UU 20/2003 dan ketentuan PP 19/2005 serta prinsip dan langkah yang harus diacu dalam pengembangan KTSP. Kedua, model KTSP sebagai salah satu contoh hasil akhir pengembangan KTSP dengan mengacu pada SI dan SKL dengan berpedoman pada Panduan Umum yang dikembangkan BSNP. Sebagai model KTSP, tentu tidak dapat mengakomodasi kebutuhan seluruh daerah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan hendaknya digunakan sebagai referensi.

Panduan pengembangan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk :
belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
belajar untuk memahami dan menghayati,
belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan
belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
A. Landasan
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ketentuan dalam UU 20/2003 yang mengatur KTSP, adalah Pasal 1 ayat (19); Pasal 18 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 32 ayat (1), (2), (3); Pasal 35 ayat (2); Pasal 36 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 37 ayat (1), (2), (3); Pasal 38 ayat (1), (2).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Ketentuan di dalam PP 19/2005 yang mengatur KTSP, adalah Pasal 1 ayat (5), (13), (14), (15); Pasal 5 ayat (1), (2); Pasal 6 ayat (6); Pasal 7 ayat (1), (2), (3), (4), (5), (6), (7), (8); Pasal 8 ayat (1), (2), (3); Pasal 10 ayat (1), (2), (3); Pasal 11 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 13 ayat (1), (2), (3), (4); Pasal 14 ayat (1), (2), (3); Pasal 16 ayat (1), (2), (3), (4), (5); Pasal 17 ayat (1), (2); Pasal 18 ayat (1), (2), (3); Pasal 20.
Standar Isi
SI mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Termasuk dalam SI adalah : kerangka dasar dan struktur kurikulum, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran pada setiap semester dari setiap jenis dan jenjang pendidikan dasar dan menengah. SI ditetapkan dengan Kepmendiknas No. 22 Tahun 2006.
Standar Kompetensi Lulusan
SKL merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagaimana yang ditetapkan dengan Kepmendiknas No. 23 Tahun 2006.
B. Tujuan Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Tujuan Panduan Penyusunan KTSP ini untuk menjadi acuan bagi satuan pendidikan SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB, dan SMK/MAK dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum yang akan dilaksanakan pada tingkat satuan pendidikan yang bersangkutan.

C. Pengertian

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

D. Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

KTSP dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan atau kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota untuk pendidikan dasar dan provinsi untuk pendidikan menengah. Pengembangan KTSP mengacu pada SI dan SKL dan berpedoman pada panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, serta memperhatikan pertimbangan komite sekolah/madrasah. Penyusunan KTSP untuk pendidikan khusus dikoordinasi dan disupervisi oleh dinas pendidikan provinsi, dan berpedoman pada SI dan SKL serta panduan penyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP .

KTSP dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:
Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
Beragam dan terpadu
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Menyeluruh dan berkesinambungan
Belajar sepanjang hayat
Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

Iklan

88 Replies to “KTSP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (what`s Up..?!?)”

  1. Yth. Tuan Presiden, kalo mau menyejahterakan temen2 guru (aku guru swasta kok) gaak usah diumumkan. Langsung aja naik. Begitu naik, malah pailit, karena harga melambung, melangit.

    js. kamdhi

  2. untuk tingkat smp seharusnya nilai rata-rata kelulusan diturunkan, bukan malah dinaikkan. itu malah membuat anak-anak sekolah menjadi stress menghadapi UAN.

  3. KTSP perlu pengujian,pembentukan KTSP cenderung terburu-buru dan kurang sosialisasi.selain itu pengunaan sistem KBK yang lama masih melekat pada sistem KTSP,sehingga membuat para siswa kesulitan menrima pembelajaran KTSP. Pengertian KTSP cenderung berbeda-beda termasuk dari pakar-pakar pendidikan.satu lagi guru seharusnya mendapat pengarahan mengenai KTSP itu sendiri

  4. Teman-teman Guru Bahasa Indonesia,

    Pusing dengan UN,
    gunakan SOLUSI JITU EVALUASI & KOMPETENSI
    terbitan Grasindo
    aku sendiri yang tulis
    aku jamin jitu karna merujuk kurikulum 2006
    Tk.

  5. dear pak Dhio dan kawan kawan lainnya..
    jika di lihat secara detail, KTSP sangat baik dan mampu mengexplorasi nilai lebih masing masing sekolah..
    Sekolah kami SMA N 1 Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman Sumatera Barat, telah menggunakan Kurikulum SMA N 1 Lubuk Alung, Kurikulum ini mengacu kepada KTSP, menjadi Kurikulum Sekolah..
    Kurikulum Sekolah di susun Oleh Tim KTSP dengan yang melibatkan Dewan Guru.
    nah saat ini ketika sekolah Kami menuju Sekolah Kategori Mandiri.. Kurikulum SMA N 1 Lubuk alung yang telah di Sah kan.. memerlukan perubahan sistem yang juga di “rembug” kan oleh Tim yang sama beserta dewan Guru.
    jadi menurut Hemat saya, Sistem KTSP akan lebih padu dengan Sistm SKS.
    saya juga dalam team yang sama disekolah saya..
    seru juga pak.. 🙂
    wassalam,

  6. secara formal amat baik untuk peningkatan mutu pendidikan di indonesia, tetapi segi kesiapaan guru belum siap menjalankannya karena tuntutan KTSP begitu banyak dilain pihak guru diperhadapkan berbagai persoalan yg sangat majemuk, diantaranya kesejahtraan tidak memadai, perbaikan kesejahtraan guru diiming -iming dengan sertifikasi yang mempersulit guru.

  7. KTSP ……
    KTSP tujuanmu mulia
    KTSP arah kebijakan dan sasaranmu mengena
    bahkan uraian pemahamanmu yang mudah di cerna
    memperhatikan situasi dan kondisi yang mendunia
    namun ….
    di tingkatan pelaksanaaan di sekolah …
    masih banyak guru guru yang resah…
    karena belum paham dan merasa payah
    karena katanya harus berubah-ubah
    kurikulum ini dan itu , segalanya penuh masalah …
    Maka….
    Sabar dan tawakallah .. KTSP ku
    Memang perjuangan masih perlu waktu
    pemahaman dan kesadaran perlu dibangun dengan jitu
    Yakinlah suatu saat akan datang kemenangan itu
    Hingga semuanya akan mengerti dan maju …
    Hidup… GURU….!!!!!

  8. iya betul KTSP harus di tingkatkan lagi agar siswa mampu menangkap pelajaran yang akan di ujikan di UJIAN NASIONAL yang mendatang
    terus gajih guru mohon di tingkatkan harus sesuai dengan kebutuhan pokok sekarang.
    karena gajih guru sekarang masih belum mencukupi g mana masa depan guru………………?
    tolong di pertimbangkan usulan ini, terus kalau perlu di adakan studi banding ke negara lain agar pendidikan tidak ketinggalan dengan negara lain.

  9. dear.

    jika mentri pendidikan ganti,apa kurikulumnya berganti juga ya…………….!?????kok anggaran pendidikannya nga ikut ganti juga!?
    he…………..3x

  10. aku belum tahu bener apa itu KTSP????????
    ALNYA aku aja baru tahu dari dosenku kemaren2
    n sekarang da tugas nyari tahu tentang KTSP ?????????
    tapi herannya kok KBK aja baru berjalan satu tahun udah ganti kurikulum lagi?????????
    apa emang aku yang nggak tahu perkembangan dunia pendidikan yach………….
    hehehehehe…………..

  11. Rekan-rekan guru setanah air. Keprihatinan atas buruknya pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah saya, saya mencoba saran dari JS Kamdhi mencoba buku ciptaannya. Ternyata, buku itu sama sekali tidak memberdayakan. Konten yang terkadung seluruhnya dikutip dari koran Kompas, hanya ditambah pertanyaan tidak bermutu berupa: saran, pesan, komentar, opini, dan kesan. Kelima hal tersebut hampir serupa. Untuk apa buku itu dibandrol lebih dari 30.000 rupiah. Hal ini saya rasakan bagai penipuan kepada kaum pelajar!

  12. saya pernah ikut penataran penyusunan ktsp tingkat TK (taman kanak-kanak).
    dua hari penataran dari pagi sampe sore, saya ga dapet poin pentingnya….karna para panelis dan pesertanya malah asyik berdendang dengan organ tunggal…gimana saya mempertanggung jawabkan hasil penataran saya kpd sekolah???menurut saya cuma buang-buang dana aja…

  13. Buat Ibu Sriyanti

    Terima kasih atas masukannya. Saya senang gaya bicara Anda. Dari lubuk hati terdalam, saya ingin belajar pada Anda. Tentu, menunggu karya Anda.

    Syukur email langsung ke alamat saya Js_kamdhi@yahoo.co.id.
    Gajah di pelupuk mata tak tampak, kuman di seberang lautan tampak.

  14. sebaiknya kita mulai menghargai apa yang telah di mulai oleh orang lain,
    dan jika hal tersebut masih kurang sempurna
    alangkah lebih baiknya bersama kita sempurnakan..
    kesempurnaan hanya milik Allah, salah dan kurang adalah kita manusia.

    Peace..!!

  15. Assalam mu’alaikum…….. mohon maaf ni ganggu. sy mahasiswi yg lg nyusun skripsi tentang KTSP. sy lagi nyari pengertian2 tentang KTSP dari berbagai sumber.bisa sy minta tolong barangkali ada yg punya/ tau tentang pengertian2 KTSP. tolong beritau sy di http://www.mycity_34@yahoo.com thx alot yg ud mo bantu.
    ==========================
    Wa`alaikumsalam w.w
    jadilah pemulung yang handal di Internet,
    diswebLog ini cukup banyak Link yang saya sediakan menuju ke Bahan KTSP yang dek Siti buthkan..
    semoga dapat dipergunakan dan bermanfaat,

    -+BS+-

  16. ktsp bagus sich cuma, sebenernya yang menjadi permasalahan pendidikan di indonesia itu adalah implementasi dari seabrek agenda. la wong KBK ja belum maksimal kok dah diganti. nanti juga sebentar lagi ktsp paling-paling diganti lagi.

  17. ktsp adalah sebuah strategi untuk memberi ruang kepada para guru yang punya kemampuan belajar, mempuanyai daya kreatifitas untuk bekerja lebih profesional. tentu menjadi tantangan bagi para pemangku kepentingan untuk bisa mendesiminasikan kepada guru-guru yang kurang/sulit belajar dan bekerja setengah atau seperempat hati.

  18. pak, makasih banyak ya atas masukannya dalam wacana yang mas buat disini. saya sekarang udah selesai sidang dan sbentar lagi sy akan wisuda bertepatan dgn ultah sy yg ke 26 thn skaligus acara lamaran sy, Subhanallah…
    sy snang skali membaca blsan email sy dsini yg mas muat. mudah2an mahasiswa/i yg sedang mencari tulisan tentang KTSP bisa terbantu dari tulisan yang mas buat dsini dmana salah satunya adalah saya.
    thx a lot mas Budi………….
    slm dari org Citayam ***********

    1. waduh.. saya ampe terharu… hati saya jadi biru.. hehehehh
      semoga pernikahannya sakinah mawaddah warahmah ya dek siti..
      trus..dapet momongan yg sholeh dan berguna bagi keluarga, tetangga, RT, RW, Kecamatan,Kelurahan, Kecamatan, Propinsi dan Negara (mulai dari yang kecil dulu kata AA`Gym).
      titip calam Gaul buat orang citayam yach…

  19. Saya setuju kurikulum memerlukan perubahan, karena dunia berubah bukan?

    Namun jika perubahannya terlalu cepat seperti dari KBK ke KTSP, membuat guru menjadi bingung lagi mempelajari hal baru.
    Walaupun mungkin sebetulnya,isi perubahan KBK ke KTSP tidak terlalu tajam. Karena kan katanya KTSP itu revisi KBK, betul ga mas?
    hanya pada saat sudah mulai paham KBK, kemudian ganti dengan KTSP kita harus belajar lagi.
    Belum sempat mempraktekan KBK sudah ganti yang baru.

    Mudah mudahan saja sekarang kurikulum jangan berubah dulu, kita cermati kekurangan dan kelebihan kurikulum tersebut dalam kurun waktu tertentu. tapi tidak terburu buru,
    Setuju ga mas Budi?

    Sekalian mas, minta deskripsi tugas untuk PKS Kurikulum itu apa saja?
    Terima kasih,

    1. SETUJU..!!!! bu dewi..
      hehehehhee jadi guru emang kudu kristis.. setidak dengan berteriak di “Comment Blogger” seperti ini.. qt dapat saling menyatukan suara..
      dooo.. ree.. mii…fa.. so.. tarik nafas..
      hehehhehehe

  20. Pemerintah telah mempercepat pencanangan Milenium Development Goals, yang ssemula dicanangkan tahun 2020 dipercepat menjadi tahun 2015. Milenium Development Goals adalah era Pasar Bebas atau Era Globallisasi. Sebagai era pencanangan mutu atau kualitas, siapa yang berkualitas dialah yang akan maju dan mampu mempertahankan eksisitensinya. Oleh karena itu pembangunan SDM yang berkualitas merupakan suatu keniscayaan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Hal tersebut mutlak dilakukan, karena akan menjadi penopang utama pembanguanan nasional yang mandiri dan bekeadilan, Good Governance and Clean Govenance, serta menjadi jalan keluar bagi bangsa Indonesia dari multidimensi krisis, kemiskinan dan kesenjangan ekonomi.
    Salah satu cara untuk meningkatkan SDM adalah melalui peningkatan pendidikan. Salah satu komponen penting dari sistem pendidikan tersebut adalah kurikulum, karena kurikulum meerupakan komponen pendidikan, baik oleh pengelola maupun penyelenggara, khususnya oleh guru dan kepala sekolah. Karena kurikulum dibuat secara sentralistik, setiap satuan pendidikan diharuskan untuk melaksanakan dan mengimplementasikannya sesuai dengan petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) yang disusun oleh pemerintah pusat menyertai kurikulum tersebut.

    kehidupan ini terus berputar dan berjalan, mudah – mudahan niat baik pemerintah untuk mengubah sistem kurikulum ini menemukan hasil. perubahan kearah yang lebih baik tidak akan peranh kita temukan klo dengan saling mencari kekurangan.

    klo bisa dipermudah kenapa harus di persulit..

    wallahu ‘alam

  21. he,,he,,,kmrn lg ada tes masuk kerja..trus ada pertanyaan apa yg anda ketahui tentang KTSP???
    ha..ha…sy bingung…kurikulum KBK aja blm nguasain,,,eh dah ganti KTSP…jgn2 nanti sy lum faham KTSP dah ganti lagi kurikulumna….walah….bisa pusing….tp g pp…biar obat pusing tambah laku…hi,,hi

  22. AKu guru juga, aku lagi bingung nih mikirin kemajuan pendidikan d Indo…, katanya kao mau liat anak indo pinter, bisa diliat dr nilai NUN nya, makanya standar NUN terus naik, dan kenyataannya anaknya juga lulus banyak, bahkan kalo standar nUN minimal nya 10,00 juga pasti banyak yang lulus, wong yang ngerjakan gurunya sama kepala sekolah he he he he ………… jadi siapa yang sekolah yaaa……… !
    Jadi menurut aku pendidikan di Indo …, manis di permukaan tapi, dalamnya bau bangkai … !!!!!!!!!!!!!
    Apa ini yang dimaui sekarang yaaa . !!! yang penting penampilan, soal isi sih nomor 1000 kaliiiiiiiiiiiiiiiiiiii ……. !!!
    Pusing deeeeeeeeeeeeeh apa yang obatnya ……. !?????????????

  23. tolong dong bagi siapa aj yang tau tentang konsep SK (standart kompetensi) kirimin ke E_mail ku….soalnya aku dapat kosep yang berbeda dari nara sumber yang berbeda…makasih………….

  24. assalamu’alaikum, masih aya keneh anu nungtut kenaikan gaji nya….. komo pami sapertos sim kuring SUKWAN. kmaha panginten… kbyang teu dulur-dulur…. nasib SUKWAN? ari ku padamelanmah sok katembleuhan bae… sapertos ayeuna oge, tabuh 12 wengi teh, nembe istirahat…. tapi ari sasih anom mah alhamdulillah, tara katembleuhan naon-naon. tapi subhanallh… simkuring umajak ka sadayana sukwan-sukwan hayu ulah petot-petot tingkatkeun kinerja urang sebagai pahlawan tanpa tanda jasa!!!!!!!!!!!! nuluykeun lalakon hirup UMAR BAKRIE di jaman Walanda jeung Jepun… Wasssalammm…….

  25. ktsp membuat sekolah semakin maju dan kompetitip tapi tidak lupa kepada para penentu kebijakan perhatikan dong kesejahteraan gurunya terutama honorer thank you, pendidikan indonesia maju terusssssssssssssssssss

  26. KTSP????????jujur aku belum mengerti benar bagaimana cara kerja KTSP terhadap pendidikan. So…bagaimana caranya biar KTSP mudah dipahami tolong diperjelaskan dengan mudah………………………………………………………..

  27. pemerintah pendidikan jangan pernah ingkar tk mwjudkn mimpi2 yg telh di gntung, stuju aja dngan penrpan ktsp yg ada, lbih di kontrol yaaaaa

  28. KTSP nya sendiri sudah sangat bagus, namun dengan adanya UN yg menjadi standar kelulusan, KTSP hanyalah sebuah nama saja….

    untuk apa KTSP berjalan kalau UN djadikan standar kelulusan….

    yg tau kondisi sekolah dan kemampuan siswa hanyalah sekolah itu sendiri…..

  29. Tadinya Saya jg kurang begitu ngerti apa itu ktsp, tp setelah saya cari tau lama2 ngerti jg n bnyk keuntungannya kita pake ktsp. Supaya kita sbg guru lebih maju lgi.

  30. KTSP bertujuan mulia.tapi apakah nantinya KTSP ini dapat mendongkrak kualitas pendidikan di Indonesia????????secara garis besar sama dengan kurikulum pendidikan yang terdahulu.apakah kurikulum pendidikan yang terdahulu juga tidak bertujuan mulia???tapi APA???kualitas pendidikan di Indonesia masih kalah dengan bangsa-bangsa asing. kita tunggu saja apakah KTSP ini sanggup membawa pendidikan di Indonesia ini ke arah yang lebih baik

    trims

  31. ya ktsp
    mudah2an pend di indo
    trus maju…………..
    dan dapat bersaing……….
    dengan perkembangan pend dunia…….
    belajar………
    belajar………
    belajar………
    dan trus belajar………….

  32. Assalamu’alaikum

    KTSP hanya sebuah nama produk manusia,ga bisa berjalan tanpa implementasi yang baik,tanpa impelementasi yang baik ga akan maju dunia pendidikan kita.Pemerintah ga bisa hanya merintah doank…Kerja keras donk libatkan semua pihak,khususnya guru.

    tuk rekan-rekanku para guru…jgn pernah bersedih dengan nasib “pendapatan” yg minim,tetap berbuat dengan ikhlas,ihsan dan itqan…pasti berkah apa yg kita dapat

  33. asm.setuju untuk kemajuan bangsa indonesia walaupun kadang-kadang kita masih miris,dikarenakan outputnya tidak sesuai yang di harapkan.sukanya tawuran dan anarkis
    ohh iya?bantu saya dong saya minta kurikulum buat anak TK bhs inggris tu sperti apa? suwun

  34. ktsp…
    ya baru saya pelajari, mungkin akan mudah dipahami apabila tidak hanya sekedar membaca wacana namun akan lebih baik dilaksanakan dengan sebaik-baiknya…
    SEMANGAT!!!

  35. tolong donk, bkinin contoh hasil observasi di sma negri,, sberapa besar kberhasilannya, sama kndala plus cara mengatasi nya….please help me

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s