Sekolah Kategori Mandiri (apa pulak ini ?!?) “Read This One”

Pada dasarnya Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tantang sistem pendidkan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar Nasional Pendidikan memuat kriteria minimal tentang komponen pendidikan yang memungkinkan setiap jenjang dan jalur pendidikan untuk mengembangkan pendidikan secara optimal sesuai dengan karakteristik dan kekhasan programnya. Lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Selain itu, standar nasional pendidikan juga dimaksudkan sebagai perangkat untuk mendorong terwujudnya transparansi dan akuntabilitas publik dalam penyelenggaraan sistem pendidikan nasional.

Salah satu implikasi dari Peraturan Pemerintah tersebut adalah Pemerintah berkepentingan untuk melakukan pemetaan sekolah/madrasah dengan melakukan pengkategorian sekolah khususnya di SMA berdasarkan tingkat terpenuhinya Standar Nasional Pendidikan. Pengkategorian sekolah/madrasah dilakukan dalam kategori standar, mandiri dan bertaraf internasional, keunggulan lokal. Menindaklanjuti kebijakan pengkategorian tersebut, Direktorat Pembinaan SMA pada tahun anggaran 2007 memprogramkan rintisan Sekolah Kategori Mandiri (SKM) di 440 SMA yang tersebar di 32 Provinsi. Sekolah Kategori Mandiri adalah sekolah yang telah memenuhi atau hampir memenuhi Standar Nasional Pendidikan, dan wajib menerapkan sistem Satuan Kredit Semester (SKS).

Disamping kebijakan rintisan Sekolah Kategori Mandiri tersebut di atas, sesuai UU Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 50, ayat (5) tentang pendidikan berbasis keunggulan lokal, Direktorat Pembinaan SMA pada tahun anggaran 2007 juga memprogramkan rintisan Pendidikan Berbasis keunggulan Lokal (PBKL) disejumlah SMA.

Terhadap sekolah yang menjadi sasaran kedua program rintisan tersebut di atas, Dit. Pembinaan SMA memberikan pembinaan dalam bentuk peningkatan kemampuan tenaga pendidik dalam mengembangkan bahan ajar dan bahan ujian berbasis TIK. Dalam rangka mempersiapkan kegiatan pengembangan bahan ajar dan bahan ujian berbasis TIK perlu disiapkan

SMA N 1 Lubuk Alung masuk verifikasi Sekolah Kategori Mandiri dari 25 SMA yang ada di sulawesi selatan, terpilihnya SMA N 1 Lubuk Alung sebagai sekolah kategori mandiri menurut kepala sekolah SMA N 1 Lubuk Alung Drs.ISRIL tidak lain dukungan orang tuansiswa dan para tenaga pengajar itu sendiri mengenai 8 standart nasional diantaranya adalah standart kompetensi kelulusan, standart sarana dan prasarana, pembiayaan pengelolaan serta standart pendidik dan pendidikan.

Dari ke delapan standar nasional tersebut yang dimiliki oleh SMA N 1 Lubuk Alung menurut Drs. ISRIL standart isi adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang di tuangkan dalam kriteria tentang kompetensi tatanan bahan kajian yang harus di penuhi oleh peserta didik.

Selain itu Sekolah Kategori Mandiri harus mampu mengoptimalkan untuk pencapaian tujuan pendidikan sehingga mencapai kelulusan dan hal ini sudah di buktikan oleh SMA N 1 Lubuk Alung meliputipersyaratan internal kinerja sekolah diantaranya adalah sekolah ini terakreditasi A dengan rata-rata nilai hasil ujian nasional tiga tahun terakhir minimal 7 dan meluluskan siswa tiga tahun berturut-turut dari UN dengan presentase kelulusan 90 persen.

Sekolah ini di Tahun 2003/2004 juga merupakan piloting Sekolah yang melaksanakan KBK, bahkan ditahun 2006-2007 juga dipercaya menjadi salah satu sekolah yang berbasis ICT

Dengan masuknya SMA N 1 Lubuk Alung menjadi Sekolah Kategori Mandiri dari hasil survey dinas pendidikan pusat dan propinsi sumatera barat dengan melihat ketersediaan fasilitas diantaranya adalah baik ruang kepala sekolah, laboratorium, ruang bimbingan, ruang UKS, sarana olahraga serta musollah.

Iklan

4 Replies to “Sekolah Kategori Mandiri (apa pulak ini ?!?) “Read This One””

  1. AH,…..YG BENER NIH…
    SRIUS TUH???
    SKOLH MANDIRI PAAN? MANDI NDIRI KALE!!!
    APA BANYAK MURID2 SMANLA YG LULUS SPMB? Hmmh…KYX G D
    PALINGAN CUMA 1 ORANG.. MNYEDIHKAN BGT Y..
    GURUNYA SMBG2,SOK PINTER, DINDING LABORNYA LUMUTAN,GA TERAWAT,BAHAN2 KIMIA SANGAT MINIM,LABOR SANGAT TIDAK NYAMAN,PRATURAN SOK KETAT,STIAP THN AJRN BARU YG DIMINTA CUMA DUIT,DUIT,N DUIT.
    MPE SKRG MUSHOLLA YG PMBGNANNY DARI THN 2000 JAG SLESAI2. PA’AN TUH. PDHL STIAP TAHUN UANG PEMBANGUNAN DIPUNGUT SCARA EXTREM….
    DITAMBAH LAGI SKRG SEMUANYA DAH DIKASIH PAGAR STINGGI 3 METER,KLO DILIHAT DARI LUAR MIRIP BGT MA LP ALIAS PENJARA. CUZ,PAPAN SMANLA AJA G TERPASANG DI PAGAR MASUKNYA. SO,SLH BESAR KLO SMANLA TRMSK KATEGORI 25 BESAR SMA YG MANDIRI. HE300X..
    MIMPI KALI YEEEE….

  2. SMA 1 LuBUK ALUNG ……………
    Mohon memberikan Informasi dengan bahasa yang lebih baik..
    Harap Maklum..
    Coz.. Site ini untuk kemajuan Kita bersama juga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s