Konversi Online File DOCX ke DOC (Office 2007 ke ver Sebelumnya)

Tanggal 7 desember 2006 yang lalu Microsoft Office 2007 resmi diluncurkan di Indonesia. Tetapi samapi sekarang pemakaiannya sendiri belum begitu meluas. Beberapa user punya alasan tersendiri kenapa mereka belum migrasi dari office yang lama ke office yang baru. Ada yang mengatakan bahwa file yang dibuat di Office 2007 tidak bisa dibuka di office 2003 dan office dibawahnya. Ada juga yg beralasan belum begitu penting untuk migrasi ke office 2007.

Berikut ini beberapa Fitur baru yang ada di Office 2007 berikut beberapa permasalahan yang timbul pada saat pemakaian program baru dari Microsoft ini.

1. Ekstensi File Baru
Kemarin temen saya nanya, ” Mas, dokumen yang saya buat di office 2003 kok tidak bisa dibuka di office 2007 ya ? ”
Di program Ms. Office sebelumnya file-file yang dibuat mempunyai ekstensi DOC (word), XLS (excel), PPT (Power Point) tetapi di Office 2007 file tersebut berubah menjadi DOCX (word), XLSX (excel), PPTX (Power Point). Dengan adanya perubahan ini maka secara otomatis file yang dibuat di Office sebelumnya tidak bisa dibuka. Untuk mengatasinya kita bisa gunakan program konversi atau anda bisa kunungin http://www.docx2doc.com/ untuk konversi file DOC anda secara Online di internet

2. Format PDF dan XPS
Di versi terbarunya ini Microsoft menyertakan konversi file berbagai format , salah satunya adalah file berformat PDF dan XPS.

3. Smart Art
Pada Office 2007 terdapat sebuah tools yang cukup menarik bernama SmartArt. Tools ini terletak di menu insert dan grup pilihan Illustration. Kenapa diberinama SmartArt, karena tools bisa digunakan untuk memperindah pekerjaan dengan menampilkan berbagai macam diagram yang berbentuk graphic, baik dengan tipe 2D ataupun 3D. Sedikitnya terdapat 80 template yang bisa digunakan untuk memperindah pekerjaan Anda

4. Ribbon
Microsoft Office 2007 hadir dengan fasiltas yang disebut dengan Ribbon. Ribbon ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna menggunakan semua features yang ada di Office 2007 dengan one klik hingga waktu pengerjaan bisa dihemat dengan sangat berarti

5. Tampilan Baru
Perubahan yang cukup signifikan dari Office 2007 ini antara lain User Interface. Coba perhatikan perubahan ini terlihat pada Word, Excel, dan PowerPoint dan Acces. Pada aplikasi ini nyaris tidak terlihat menu-menu seperti versi sebelumnya. Di sini semua menu diganti dengan penampilan ikon yang inopatif dan informatif.
Dengan sedikit menu dan nyaris tidak terlihat sub menu ini akan memudahkan bagi pemakai. Beberapa Interface yang ada di Office 2007 yang dirombak secara total antara lain tombol-tombol menu, sehingga menu yang terdapat pada Office 2007 lebih transparan dan teratur sehingga mudah penggunaannya.
Menu dropdown yang ada pada versi sebelumnya kini hampir tidak ada, pada menu home misalnya, terdapat pilihan Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing. Sedangkan untuk pilihan-pilihan yang tersedia berbentuk horizontal dan menggabungkan teks dan icon sehingga sangat mudah dan tidak perlu masuk dari menu ke sub menu.

6. Yang baru di Power Point
Di Power Point ada tambahan menu baru yaitu album foto yang berada pada menu Insert dan group illustration.

7. Yang baru di Acces
Penambahan fitur dan interface baru pada acces hampir merubah total tampilan dari program yang satu ini. Pertama kali buka sempet kaget juga, saya pikir saya salah buka program ternyata memang tampilan awalnya berbeda dengan office terdahulu.

Ketemunya di Blog http://dosen.palcomtech.ac.id
Semoga bermanfaat ya Bapak/Ibu Guru..!! heehhehehe dari dosen buat guru..

Iklan

6 Replies to “Konversi Online File DOCX ke DOC (Office 2007 ke ver Sebelumnya)”

  1. nah ini memerlukan hubungan online kapasitas tinggi,
    kasian yang bayar pas-pasan palagi di warnet dengan file yang akan dikonvert besar …

    sepertinya yang mudah, migrasi ke OEM MS Office 2007 😛

    lumayan juga bayarnya ….

  2. hmm…hmmm…
    boleh ngebantu g?

    Gini. Saat kerja di MS Word Office 2007, klik Customize di toolbar paling atas sebelah kanan (anak panah kebawah), klik more command, pilih save, Save file in this format pilih Word 97-2003 Document (*.doc), klik OK. Sehingga file dari dan ke versi sebelumnya bisa lancar-lancar saja. Begitu juga di MS Excelnya.

    Kalau memang kesulitan, ada software Classic menu MSOffice 2007. Sehingga dalam tampilan menu, ada 2 versi. Versi 2007 dan menu office sebelumnya. Kalau diinstal akan ada tambahan pilihan namanya MENU dipaling kiri, disampingnya Home. dalam pilihan menu ini akan muncul toolbar lama dan menu lama (File, edit, view dll). Bisa juga menu ditampilkan classic saja atau 2007 saja. Download ada yang gratis.

    O ya… ada lagi software untuk koreksi MS Office 2007. Karena ada fitur yang kurang sempurna. Seperti hitungan MS Excel yang menghasilkan angka 65535 akan ditampilkan menjadi angka 100000. Namanya Hotfix MO2007. Gratis dari Microsoft.

    Ada juga MS Office 2007 Blue Edition. Tidak perlu registrasi atau serial. Begitu autorun langsung instal sendiri sampai selesai. Cuma di PC harus diinstal windows installer 3.1. atau yang lebih tinggi. Win installer jg gratis.

    Bicara tampilan di MS Office 2007 nih….
    saya pernah ‘ngeyel’ dengan silabus dari dinas sewaktu MS Office 07 belum publish. Saya tidak mau mengajarkan kepada siswa tentang materi menu. Menu file, edit dll isinya apa dan untuk apa saja gt (lihat silabus dari dinas). Tetapi saya ajarkan ke siswa, misal kalau mau ngatur tulisan itu yang diperlukan apa saja dan dimana letaknya, toolbarnya mana dan shortcutnya apa.
    Saya tidak tahu kenapa. Tetapi setelah MS Office 07 publish, saya cuma bilang… “tuh kan… menghafal menu sudah tidak berlaku lagi di MS Office 2007”. Hee..hee..hee…

    Sukses selalu dari Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s