54.552 Pelajar Sumbar Ikuti Pra UN

43 Hari Jelang UN 2008

Selasa 4 Maret 2008, seluruh pelajar kelas III SMA/SMK/ MA mengikuti Pra Ujian Nasional 2008. Ujian yang bertujuan untuk mengasah kemapuan siswa menjelang UN 22 April nanti duji selam tiga hari terhitung sekarang 4 hingga 6 Maret besok
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar, Burhasman Bur mengingatkan kepada seluruh siswa, biarpun hasil Pra UN tidak akan mempengaruhi standar kelulusan siswa, namun hasil Pra UN sangat menentukan sebagai tolak ukur bagi kemampuan siswa untuk menghadapi UN yang sebenarnya. Untuk itu, Burhasman berharap kepada seluruh siswa agar dapat mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk menghadapi Pra UN.
Sebanyak 54.552 siswa SMA/MA dan SMK dipastikan di uji pada Pra UN tahun pelajaran 2007/2008. Rinciannya, SMA/MA sebanyak 40.836 orang dan SMK sebanyak 13.716 orang.
Mesti UN tahun ini cukup berat, namun pelajar diminta keseriusan dan ketekunan mengupas soal-soal yang dibuat oleh guru dan dosen ini. Untuk SMA jurusan IPS, mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi ditambah Matematika, Sosiologi dan Geografi. SMA jurusan bahasa, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika ditambah bahasa asing, sejarah dan sastra Indonesia. SMA jurusan IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika ditambah Fisika, Kimia dan Biologi. Sedangkan untuk SMK, mata pelajaran UAN yang akan diujikan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika ditambah mata pelajaran Kompetensi Keahlian Kejuruan.
“Untuk mengasah kemampuan siswa biar sukses di UN Disdik Sumbar beserta tim pembuat soal (guru dan dosen) sengaja membuat soal Pra-UN lebih sulit dari pada soal UN. Pendeknya, biar siswa kita bikin babak belur dulu dalam Pra-UN ini, namun sukses di UN nantinya,” terang Burhamas Bur
Sementara itu, jadwal pelaksanaan Pra UN untuk SMA/MA/SMK akan dilaksanakan 4-6 Maret 2008. SMP/MTSn, 10-13 Maret 2008 dan SD/MI, 25-27 Maret 2008.
Target Belum Final
Terkait target perbaikan peringkat UN untuk tahun ini, Burhasman mengaku belum menargetkan. Hal ini dikarenakan masing-masing Disdik kabupaten/kota belum memiliki target yang terukur terhadap target perbaikan peringkat UAN. Namun demikian, Disdik Sumbar meyakinkan, peringkat UN tahun ini harus lebih baik dari peringkat tahun lalu.

“Belum, kita masih menunggu target yang terukur dari masing-masing Disdik kabupaten/kota. Kita baru bisa memasang target apabila Disdik kabupoaten/kota telah memberikan dan mentapkan taget terukir masing-masing daerah,” terang Kepala Disdik Sumbar.

Seperti diketahui, pada 2007, peringkat UAN untuk SMP berada pada peringkat ke-11. SMA jurusan IPA (rangking tujuh), SMA jurusan Bahasa (rangking ke-15), SMA jurusan IPS (rangking ke-9) dan SMK (rangking ke-14).
Sumber: Harian Padang Ekspres.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s