HASIL PRA UN PADANG MENGECEWAKAN

http://www.padang.go.id/

Hasil Pra Ujian Nasional (UN) Periode I Kota Padang yang digelar tanggal 8-10 Februari lalu cukup mengecewakan. Namun, jika dibandingkan rata-rata hasil provinsi, prestasi Pra UN Kota Padang cukup baik dan meningkat dari hasil UN tahun lalu. Bahkan Kota Padang sudah masuk 5 besar dari 19 kabupaten/kota se-Sumbar.Berdasarkan hasil evaluasi Pra UN dari Puskom Dinas Pendidikan Sumbar, prestasi Kota Padang untuk SMP dari 10.994 siswa lulus 3.723 atau 33,86%. Tingkat kelulusan tersebut diatas rata-rata Sumbar yang hanya 23,25%. Untuk Madrasyah Tsanawiyah, dari 1.513 siswa yang ikut lulus 421 atau (27.83%). Tingkat kelulusan itu juga lebih baik dari rata-rata Sumbar yakni 19,29%.

Tingkat SMA Jurusan IPA dari 3.839 peserta lulus 1.432 siswa atau 37,3% (Sumbar 29,19%). Jurusan IPA dari 4.372 siswa lulus 763 atau 17,45% (Sumbar 14,34%). Tingkat Madrasya Aliyah Jurusan IPA dari 278 peserta lulus 36 siswa atau 12,95% (Sumbar 10,02%), Jurusan IPS dari 323 siswa yang ikut lulus 24 siswa atau 7,43% (Sumbar 5,61%). Sementara untuk tingkat SMK dari 3.737 siswa berhasil lulus 492 siswa atau 13,17% (Sumbar 12,61%).

Wakil Walikota Padang H. Yusman Kasim seputar hasil Pra UN I tersebut mengatakan, memang hasil yang dicapai siswa Kota Padang sangat mengecewakan. Namun, jika dibandingkan prestasi sebelumnya, hasil yang dicapai siswa sudah menunjukkan kemajuan.

Bahkan, Padang yang sulit menembus 5 besar provinsi sekarang sudah mendominasi 5 besar provinsi. Yang lebih membanggakan, prestasi sekolah dan pribadi siswa jauh lebih baik dibandingkan prestasi seblumnya. Bahkan, Kota Padang boleh dikatakan terbaik dari prestasi sekolah dan prestasi pribadi siswa.

“Namun demikian, kita segera imbau seluruh sekolah untuk mengevaluasi dan meningkatkan pengayaan materi terhadap mata pelajaran yang masih lemah, seperti bahasa Inggris dan Matematik,” katanya.

Berbagai kalangan boleh mengomentari prestasi pendidikan Padang. Jika dinilai secara rata-rata, Padang memang belum mampu meraih peringkat 1. namun, jika pribadi sekolah dan siswa, Padang masih terbaik dibandingkan ratusan sekolah di Sumbar.

Menurutnya, persoalan prestasi pendidikan Kota Padang disebabkan masih belum merata upaya peningkatan kualitas pendidikan di seluruh sekolah. Sedangkan jumlah sekolah diPadang jauh lebih banyak dibandingkan jumlah sekolah di daerah seperti Bukittinggi dan Padang Panjang.

“Secara logika, jika sebuah besaran nilainya besar, tingkat kesulitan atau kesalahan juga besar. Nah, beginilah yang terjadi di Padang. Dengan jumlah sekolah yang banyak, otomatis jumlah anak yang tidak lulus juga banyak. Makanya, Padang cukup sulit berada di peringkat 1 Sumbar.”

“Jika berbicara prestasi, Padang jauh lebih baik. Untuk SMP, SMP 1 Padang masih nomor 1 dan 5 besar provinsi juga didominasi SMP dari Padang. Begitu juga tingkat SMA dan prestasi siswa,” jelasnya lagi.

Sejak zaman dulu, sekolah yang berprestasi di Padang masih dinominasi sekolah-sekolah unggulan seperti SMP 1, SMP 2 Padang dan SMP Maria Padang. Begitu juga halnya ditingkat SMA juga didominasi SMA 1, SMA 2, SMA 10 dan SMA DonBosco.

Sementara untuk tingkat SMP di Padang ada 35 SMP Negeri dan 39 SMP swasta. MTs juga ada 6 MTs Negeri dan 3 MTs swasta. Begitu juga halnya tingkat SMA***

Nah Bagaimana dengan Padang Pariaman ??? , harus lebih baik..!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s