Sertifikasi Guru Sumbar Start April 2008

Sertifikasi Guru Sumbar Start April 2008

Para guru peserta sertifikasi 2008 di Provinsi Sumbar diisyaratkan untuk segera memasukkan bahan portofolionya pada Dinas Pendidikan daerah kabupaten/kota setempat menyusul akan dimulainya penilaian oleh para assesor di Universitas Negeri Padang (UNP) pada April 2008. Assesor adalah orang yang berwenang menilai kualitas guru.
Guru-guru peserta sertifikasi itu diharapkan untuk melengkapi bahan portofolionya menjelang April 2008, kata Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Mawardi Effendi, di Padang, Kamis (6/3/2008).

UNP satu lembaga pendidikan ditunjuk pemerintah untuk melaksanakan kegiatan sertifikasi guru di Sumbar bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumbar.

Menurut dia, pada 2008 UNP akan mensertifikasi sebanyak 5.300 orang guru berasal dari sejumlah daerah kabupaten/kota di Sumbar.

Terkait hal tersebut, dia menyarankan agar para guru segera memasukkan bahan portofolionya untuk dinilai oleh para asesor di UNP.

Dia menyebutkan, program sertifikasi guru yang telah berlangsung sejak tahun 2006, bagian upaya untuk meningkatkan mutu dan kesejahteraan pendidik.

Data Dinas Pendidikan Nasional Sumbar, pada 2007 telah disertifikasi sekitar 5.000-an guru di daerah itu, sementara pada 2006 sebanyak 270 orang.

Para guru yang telah disertifikasi itu, nantinya akan menerima tunjangan, satu implementasi UU Guru dan Dosen yang telah disahkan pemerintah.

Prof Mawardi menyebutkan, kendala proses sertifikasi di Sumbar, yakni minimnya sosialisasi dari pihak sekolah kepada guru-guru, akibatnya mereka tidak mempersiapkan bahan-bahan fortofolionya.

Banyak guru yang akan disertifikasi itu tidak lengkap bahannya, jadi tidak lulus penilaian portofolio sehingga harus mengikuti diklat, katanya.

Portofolio tersebut terdiri dari bahan-bahan mengajar, karya ilmiah dihasilkan, dan pelatihan-pelatihan yang pernah diikuti.

Sekolah dan Diknas setempat harus kembali menyosialisasikan proses sertifikasi ini kepada guru-guru sehingga mereka mempersiapkan diri dan tidak terlalu stres menghadapi proses ini, katanya.

Khusus pelaksanaan diklat untuk guru yang tidak lulus disertifikasi itu, katanya, akan dilaksanakan ketika liburan mahasiswa UNP, yakni sekitar Juli dan Agustus.

Sumber: Media Indonesia Online/(Ant/OL-02)

Iklan

3 Replies to “Sertifikasi Guru Sumbar Start April 2008”

  1. Nama Saya Erdisal,S.Pd
    Saya adalah Guru SMK Negeri 2 Pariaman, dan telah menulis 15 Buah Judul Buku pada Tingkat Nasional dan 1 Judul Buku diterbitkan ditingkat Propinsi dan 3 Judul Buku yang dipakai dalam lingkungan sendiri. Dalam Porofolio yang akan diajukan ini apakah perlu saya lampirkan kesemua Buku yang saya terbitkan itu Pak. Untuk 15 Judul Buku saya yang ditulis dan dicetak pada tingkat Nasional saya memperoleh surat keterangan Penerbitan dan Surat Perjanjian Penerbitan dari Penerbit di Jakarta, sedang 1 Buah Buku yang saya cetak pada Tingkat Propinsi dan 3 Buah Buku yang saya cetak dalam lingkungan sendiri saya buatkan surat keterangan yang disyahkan oleh Kepala Sekolah. Yang membingungkan saya saat sekarang ini apa perlu ke 19 Judul buku saya kirim kepada Tim Sertifikasi tersebut. Atas jawaban Bapak saya ucapkan terima kasih.

  2. Sudah lebih kurang 3 (tiga) bulan Data Sertifikasi Guru Tahun 2008 dikirim ke Dinas Pendidikan Kota Pariaman dan Dinas Pendidikan Kota Pariaman telah mengirimkan Data Porto Folio tersebut ke LPMP Sumatera Barat, Namun Proses dan Hasilnya belum juga Bapak Kirimkan kepada Kami didaerah, Apakah Sertifikasi Guru ini hanya sebagai retorika saja atau akal-akalan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s