Guru FAQ “file Doc / xls saya kok jadi aplication (exe)”

Dear.. Rekan² Oemar Bakrie..Banyak rekan yang heran dan bingung setelah Flash Disk nya di masukin ke PC kok datanya jadi Ilank.. wew.. padahal Data nya Penting Banged..?!??!???!!

begini ceritaya.. File/folder  yang  hilang kemungkinan di Hidden oleh Virus or bisa juga memang telah di Quarantine / di Delete oleh AV yang terinstal.., jika Antivirus mendeteksi File/Folder dalam Flashdisk berextensi .exe (aplication) dan mengandung “unsur MAKAR”, hehhehehe ya pasti di quarantine / Di delete

nah Solusi nya gimana??

Virus ini merupakan virus lokal. Sudah mulai beredar beberapa bulan terakhir. Menyerang flashdisk. Ciri2nya: file dengan ekstensi *.doc (word) dan *.xls (excel) akan berubah menjadi .exe (aplikasi). Berbeda dengan brontok terdahulu, virus ini tidak menggandakan diri tau menyembunyikannya menjadi hiden. Jadi file yang terkena langsung berubah menjadi extensi.exe.
Diagnosis virus ini dapat di Lihat pada “Processes”. Jika ditemui ada kspoold.exe maka virus akan menjangkiti setiap flashdisk yang masuk.Virus ini tidak akan pindah ke hardisk kalo anda tidak penasaran untuk membuka file *.exe tadi. Sekali file *.exe tersebut di click pada komputer bersih sekalipun maka kspoold.exe akan aktif pada komputer tersebut.
Antivirus internasional macam Antivir, NOD32, Kapersky, Symantec dan AVG belum menemukan antivirusnya. Dia akan dikenali sebagai virus dan tidak ditemukan penyembuhnya. Makanya file akan dibersihkan dengan jalan di delete.
maka file anda akan hilang tapi jangan khawatir sudah ditemukan langkah langkah mengembalikan file yang dirusak oleh Kspoold ini.walaupun belum sempurna langkah sebagai berikut bisa kita lakukan

Ada dua hal yang harus kita cermat dalam melakukan pembersihan virus ini
yang pertama adalah Apakah Komputer anda terinveksi virus ini ?
Diiagnosa dengan melihat pada proses manager jik ditemukan Kspoold.exe dipastikan komputer anda inveksi virus ini.

Jika ya lakukan langkah ini :

  • Matikan proses virusnya di service windows caranya : Matikan/disable antivirus anda..Jalankan command prompt, dengan cara klik start – run, ketik cmd – enter, ketik services.msc. cari service dengan nama kprintspooler, matikan. dengan cara klik dua kali kprintspooler, pilih stop, kemudian di startup type nya pilih disable.
  • Hapus file kspoold.exe di c:\windows\system32\. kalo tidak bisa dihapus, ubah ekstensi file nya menjadi -contoh kspoold.exexxx, kemudian hapus.
  • Proses sudah dihapus dan file infektor nya juga sudah dibuang..restart komputer anda. aktifkan antivirus anda, lakukan update virus definitions nya.

Kasus Berikutnya :
Jika virus terinveksi pada media simpan yang harus anda lakukan sebagai berikut:

Catatan :

Perlu diingat anti virus dapat mengenali virus ini tetapi belum dapat memperbaiki file dokumen anda yang digabungkan oleh virus tersebut maka jika anti virus anda di aktifkan data anda akan langsung terhapuss.

1. Download pemisah virus dengan file aslinya ( Spliter )
Anda bisa download di http://www.kmwjateng.org/downloads/yav.exe

2. Lakukan pemisahan pada file yang terinveksi

3. kemudian aktifkan kembali antivirus anda.

Jikalau anda terlanjur mengaktifkan antivirus anda dan data anda terdelete oleh antivirus tersebut apa yang harus anda lakukan :

Jangan Khawatir lagi begini cara menanganinya ..

Langkah Pertama : Download Easy Recovery Dan install pada kompi anda

Langkah kedua : Disable anti virus anda

Langkah Ketiga : Restrore data anda yang berextensi exe

Langkah ke empat : Lakukan Pemisahan file dengan spliter

Langkah kelima : Aktifkan kembali anti virus anda

Demikian sedikit dari saya

semoga dapat membantu anda ….

Iklan

3 Replies to “Guru FAQ “file Doc / xls saya kok jadi aplication (exe)””

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s