[Padang-MIOL] Dinas Pendidikan (Diknas) Sumatra Barat (Sumbar) membuka pendaftaran peserta ujian paket C bagi siswa SMA yang tidak lulus Ujian Nasional (UN) tahun ini.

[Padang-MIOL] Dinas Pendidikan (Diknas) Sumatra Barat (Sumbar) membuka pendaftaran peserta ujian paket C bagi siswa SMA yang tidak lulus Ujian Nasional (UN) tahun ini.

Pendaftaran peserta ujian peserta ujian Paket C tahap pertama itu dilaksanakan mulai 14 hingga 18 Juni 2007. Pendaftaran ujian Paket C tersebut dibuka di masing-masing dinas pendidikan kabupaten dan kota se-Sumbar.

”Siswa yang tidak lulus UN tahun ini dapat mendaftar di sekolah atau dinas pendidikan dengan membawa bukti nomor ujian. Pelaksanaan ujian Paket C gratis,” kata Kepala Seksi Pendidikan Luar Biasa Diknas Sumbar Joni Nurdin, Sabtu (16/6).

Menurutnya, Diknas Sumbar akan mendistribusikan soal ujian pada 18 Juni. Adapun ujian Paket C untuk jurusan IPS akan dilaksanakan pada 19 hingga 21 Juni, sedangkan ujian Paket C untuk jurusan IPA akan dilaksanakan pada 19 hingga 22 Juni.

Ujian Paket C untuk jurusan IPS akan mengujikan enam mata pelajaran, yakni Pendidikan Kewarganeraan, Bahasa Inggris, Sosiologi, Tata Negara, Bahasa Indonesia dan Ekonomi. Sementara ujian Paket C untuk jurusan IPA akan mengujikan tujuh mata pelajaran, Pendidikan Kewarganeraan, Bahasa Inggris, Biologi, Kimia, Bahasa Indonesia, Fisika dan Matematika.

Ia mengatakan, siswa dinyatakan lulus ujian jika memperoleh nilai rata-rata 5 untuk semua mata pelajaran dan tidak ada nilai di bawah 4,25 atau jumlah rata-rata 5,33 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan. Apabila salah satu mata pelajaran yang diujikan bernilai 4,00, tidak ada nilai mata pelajaran lainnya di bawah 4,00.

“Peserta yang tidak lulus ujian Paket C tahap pertama dapat mengukiti ujian Paket C tahap selanjutnya pada 6 hingga 8 November mendatang untuk jurusan IPS dan 6 hingga 9 November untuk jurusan IPA,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Sumbar, tahun ini tercatat 4.216 peserta pendidikan informal yang akan mengikuti ujian Paket C. Namun belum diketahui berapa jumlah peserta dari 3.695 siswa tingkat SMA, SMK dan MA yang tidak lulus UN 2007.[AA/OL-03]
Sumber : http://enewsletterdisdik.wordpress.com/

Iklan

3 Replies to “[Padang-MIOL] Dinas Pendidikan (Diknas) Sumatra Barat (Sumbar) membuka pendaftaran peserta ujian paket C bagi siswa SMA yang tidak lulus Ujian Nasional (UN) tahun ini.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s