SMA Bertaraf Internasional

Apa itu Program SMA Bertaraf Internasional?

SMA BI atau yang disebut pula dengan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional merupakan sekolah nasional yang sama dengan sekolah pada umumnya di Indonesia, namun SMA BI memadukan dan mengimplementasikan 2 kurikulum (nasional dan internasional) dengan maksud akan menghasilkan lulusan yang bersertifikasi secara internasional. Karenanya dalam perjalanannya PR SMA BI akan diakreditasi oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional (BASN) dan Badan Akreditasi Sekolah Internasional (BASI).

  1. SMA BI adalah sekolah nasional yang menyiapkan peserta didik berbasis standar nasional pendidikan (SNP) Indonesia, berkualitas internasional, dan lulusannya berdaya saing internasional
  2. SMA BI = (SNP + X),
  3. SNP meliputi 8 (delapan) standar nasional, dan X adalah standar pendidikan lain (baik berasal dari dalam maupun luar negeri) yang bereputasi internasional.


Apa Landasan Program SMA BI ?

Surat Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasae dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Nomor : 533/C3/DS/SSN-2007 tanggal 13 Maret 2007 tentang Persyaratan Seleksi PSB – SMP/SMA Bertaraf Internasional. SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebagai Sekolah Penyelenggara Program Rintisan SMA BI berdasarkan SK Direktur Pembinaan SMA Dirjen Manajemen Dikdasmen Depdiknas No. 697/C4/MN/2007.

Mengapa Program SMA BI Diselenggarakan?
Beberapa alasan Pemerintah menyelenggarakan SMA BI, yaitu :
Sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia yang diharapkan mampu bersaing setara dengan pendidikan internasional. Diharapkan keberadaan SMA BI dapat menjadi model sekolah yang ideal yang membantu siswa mencapai kompetensi global dan mengedepankan “akhlaqul karimah”.

Apa Keuntungan Mengikuti Program SMA BI ?
Keuntungan memilih SMA BI sebagai kelas pilihan adalah :
Lulusan SMA BI memperoleh 2 (dua) penghargaan yaitu ijazah nasional dan sertifikat internasional
Lulusan SMA BI dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi (PT) di dalam negeri maupun ke luar negeri.Strategi Pengembangan Sekolah Nasional yang dijiwai Muhammadiyah.Kurikulum Adaptif (mengacu pada SNP dan Cambridge University dengan a-level qualification. ……The General Certificate of Education (Advanced Level), or A Level, is the ‘gold standard’ of CIE qualifications. It has exactly the same value in admitting students to all universities as its UK equivalent. It is also accepted as an entry qualification by universities of the European Union, on a par with the French Baccalaureat, the German Abitur, etc….Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM): Pendekatan dominan Inkuiri, model Problem Based Learning (PBL), dan diarahkan pengembangannya untuk Moving Class. Mengembangkan pembelajaran dan penilaian autentik yang menekankan pada penguasaan implementasi hasil belajar dalam kehidupan nyata sehari-hari. Dalam hal ini, penilaian dalam bentuk project dan portfolio serta memberikan pelaporan berbentuk karya tulis menjadi keutamaan penilaian standar kompetensi.Mengutamakan penguasaan kompetensi hasil belajar melalui pengembangan pengalaman belajar dengan pendekatan eksperimentatif yang mengarahkan siswa mendapatkan dan menemukan pengetahuan yang dipelajarinya. Pembelajaran minimal Bilingual (immersion) dilengkapi dengan CD pembelajaran interaktif, dan buku-buku dari Cambridge University, Longman Pearce dan lain-lain.Berbasis Information Communication Technology (ICT), didukung jaringan internet dan pola pembelajaran e-learning.Pengkondisian belajar diselenggarakan melalui Bridging Program dengan sasaran siswa : learn how to learn pada semester 1 dan 2. Program ini bertujuan agar siswa tahu bagaimana me-manage dirinya dalam hal cara belajar, cara memecahkan persoalan individu dan kelompok, dan cara melejitkan diri dalam hal prestasi. Selain itu diselenggarakan program “matrikulasi” bidang bahasa Inggris dan pemanfaatan ICT untuk pembelajaran di awal semester 1. Sarana/prasarana relevan dengan tuntutan kurikulum internasional, seperti ruang ber AC, LCD proyektor, komputer, sound system, laboratorium, perpustakaan, dan lain-lain. Ke depan perpustakaan MUHI dikembangkan dengan konsep digital library.Pembiayaan per siswa per tahun (unit cost) disesuaikan dengan kebutuhan SMA BIPenilaian menggunakan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan internasional menggunakan Cambridge International Examination (CIE). MUHI melakukan pendampingan khusus bagi siswa yang ingin mengikuti ujian CIE.Pengelolaan program dikembangkan untuk memenuhi standar ISO 9001 Bekerjasama dengan universitas-universitas yang concern dalam pengembangan pendidikan.

Tenaga Pengajar
Tenaga pengajar adalah Guru dan Dosen sebagai Guest Teacher serta dibantu Alumni dan Native Speaker sebagai Teaching Assistant yang memiliki kualifikasi dan mumpuni di bidangnya. Persiapan guru yang sudah dan terus dilakukan adalah kursus bahasa Inggris, in House Trainning (IHT) berupa workshop pembelajaran berbasis ICT dan Student Centered Learning, dan lain-lain. Di samping itu Guru mengikuti program peer teaching dan microteaching yang diselenggarakan di ruang TRRC.

Iklan

10 Replies to “SMA Bertaraf Internasional”

  1. salam…

    gimana kabarnya pak??

    alhamdulillah Masjid Kampus SMA N 1 Lubuk Alung dah Punya WordPress juga..
    kapan2 mampir ya pak…

    n kasi tau Siswa atau guru2 yang laen ya??

    eeeeeeeeiiiiittttt…..

    jangan lupa kasi koment n saran tentang terbitnya blog ni ya pak…
    wassalam
    ====
    mantap..
    maju terus anak muda..!!!

  2. halo pak guru gaul,
    semoga sekolahnya sukses menjadi SBI …
    dan menjadi barang berharga (SBI = surat berharga Bank Indonesia)
    =================
    insyaAllah pak..
    terima kasih atas dukungannya

  3. Saya mau nanya pada pak BUDI, gimana kabarnya kelas RSBI di SMA N 1 LB. ALUNG?????
    ==================
    dear Alumni..
    senang bisa berdiskusi dengan Alumni di Blog Sederhana ini..
    kelas RSBI ??? maksud nya ruang an nya apa pengelolaan an nya ?
    kalo ruang kelas masih dalam penyelesaian pekerjaan..
    kalo pengelolaan sebagai “rintisan sekolah berstandar Internasional” kita memang masih dalam masa “rintisan” banyak hal dan pernyempurnaan dalam berbagai hal perlu dilakukan..
    jujur saja.. saya sering berkonsultasi dengan teman di SMA N 1 PADANG (yang telah duluan SBI) dari sekolah kita.
    kita masih perlu banyak belajar dan diskusi.. mencari kelemahan untuk dijadikan kelebihan..
    Tantangan Sarana dan Prasarana masih sangat menghadang kita untuk memprogram SBI SMANLA menjadi “baik”.
    untuk lebih baik.. tentu “usaha keras, semangat dan Kreatif” kita bersama yang akan manjawab nya..
    kemauan sekolah,alumni, stake holder dan dukungan PemKab. Padang Pariaman sagat kita butuhkan..

    terima kasih Alumni atas perhatian nya..
    kami menunggu masukan, Bantuan Moril dan materil demi sekolah kita..

    wassalam,
    -= BS =-

  4. hhmm gimana ne pak SMANSA 1 L.A udah SBI belum ????

    syang banget ne saya lu2s tahun kemaren…..pdahal kan pengen tamatan skul SBI juga…..y….walau otaknya pas2 an sih ahahhahahahaha……..

    oia blognya keren pak waktu di serch di google page 1 paling atassss wowww kerennnn……

    oia pak tukeran link dunk blog baapak udh saya pajang in my blog tlong link balik y……biar page rank saya juga terangkat…ehehehheh
    baru bwt blog 5 hari yang lalu jadi butuh relasi2 ne…..
    mohon bimbingannya y…..pak guru gaul~ 😀

    alamat link saya : http://www.dxcorner.co.cc
    makaci~~

    by : randi alumni 2008…. masih ingt kan pak ….ehehe
    =========
    aloww anak muda…!!
    apa khabar..
    tentu saya masih ingat.. makasih atas kunjungannya ya..!!

    keep Success yach..

  5. apha bisa aq masuk sma inter????
    hal th dlm pkran ku.. apha aq bs,.. aq memang tak sempurna tp aq ingin bahagia orng yua aq.. aq tkut aq kalah
    aq tkut aq gagal… tp aq slalu berhrp pd yg maha kuasa
    aqr aq dbri jln untk membahagiakan my mom

    aq bth tips2 msk sma bertaraf inter

    thankzzzzzzzzzzz

  6. Salam kenal pak….

    Wah mantab sekali,… untuk Sekolah bertaraf Internasional biasanya ada program live in (hidup menjadi masyarakat Desa) nah nanti bisa bekerjasama dengan kami. Salah satu Desa Wisata di Gunungkidul Yogyakarta yang memiliki pesona Gunung Api Purba (gunung yg pernah aktif 60 juta tahun yang lalu) Info dan kegiatan, beserta foto2nya ada di : http://kalisongku.wordpress.com/

    Terimakasih, dan salam kenal… ^_^

  7. Dalam rangka ikut mempercepat penggunaan Teknologi Informasi kami dari Bamboomedia ingin memberikan suatu pembelajaran di era internet bagi siswa-siswi Indonesia. Dengan ini kami mengajukan sebuah Penawaran yang tepat dan bermanfaat guna untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

    Dengan menjadi Group Premium maka Sekolah Anda bisa memanfaatkan GRATIS layanan kami (E-learning Live) dimana sangat mempermudah Guru dalam aktivitas mendidik anak didiknya.

    Jika sekolah anda berminat kirim email : ayu@bamboomedia.net , untuk menanyakan secara detail.

    Salam
    Bamboomedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s