Program Sinergi “Pustakamaya” antar Lembaga Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat dengan Badan Perpustakaan Daerah Propinsi Sumatera Barat”

Pustakamaya merupakan Program Sinergi antara Depdiknas dan Perpustakaan nasional, sebagai salah satu upaya mengisi konten Jardiknas. Kegiatan ini juga berkaitan dengan upaya peningkatan mutu, relevansi dan daya saing sehingga SDM Indonesia dapat lebih berkualitas. Hal ini juga terkait dengan Renstra yang hingga tahun 2009 diharapkan telah tercapai target sebagai berikut:1). 50% SMA / SMK / MA yang memiliki akses listrik menerapkan ICT – Based Learning, 100% SMP / MTS yang memiliki akses listrik menerapkan TV Based Learning, 100% SMA /SMK memiliki perpustakaan, 80% SMP / MTS mempunyai perpustakaan dan minimal 40% SD / MI memiliki perpustakaan
2). Pustaka maya dikoordinir diknas kab/kota, atau ICT Center maupun sekolah/ PT/institusi perpustakaan yang ditunjuk dalam suatu kab/kota.
3). Terkoneksi jardiknas ataupun sumber pustaka maya dan institusi/negara lain yang merupakan jaringan pertukaran informasi/perpustakaan yang luar biasa.
Kegiatan serupa diharapkan dapat ditindaklanjuti di daerah yaitu dengan men-sinergikan antara dinas pendidikan Propinsi Sumatera Barat dengan Badan Perpusatakaan Daerah Propinsi Sumatera Barat.

Kegiatan Pustakamaya bertujuan untuk:
1). Sinergi Departemen Pendidikan Nasional dan Perpustakaan Nasional
2). Pengumpulan, pengolahan dan penyajian materi-materi pendidikan yang dapat disebarluaskan dan dimanfaatkan secara langsung oleh Dosen, Mahasiswa, Guru, Siswa, dan masyarakat umum serta industri secara nasional dengan mekanisme yang cepat dan mudah.
3). Pemanfaatan infrastruktur Jardiknas yang telah menghubungkan di Propinsi, Kabupaten/kota dan Sekolah dengan melakukan aktivitas resources sharing di antara Dinas Pendidikan Propinsi, Perpustakaan Propinsi, Dinas Kabupaten/Kota, Perpustakaan Kabupaten/Kota, Perguruan tinggi, sekolah, Stakeholder pendidikan, Masyarakat umum dan industri.

Sasaran Kegiatan Pustakamaya meliputi:
Ø Dinas Pendidikan Propinsi
Ø Perpustakaan Propinsi (Badan Perpusatakaan Daerah Sumatera Barat)
Ø Seluruh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
Ø Perpustakaan Kabupaten/Kota
Ø Perguruan Tinggi
Ø Sekolah
Ø Stakeholder pendidikan
Ø Masyarakat
Ø Industri
Ø Dosen/Guru/Mahasiswa/Siswa

Sedangkan Indikator keberhasilan dari kegiatan ini meliputi:
Ø Situs atau website pustakamaya
Ø Tersedianya materi-materi pendidikan
Ø Terciptanya pusat pustaka maya yang dapat menghimpun koleksi-koleksi dari pustaka maya

Langkah-Langkah Yang Telah Dilakukan Serta Progres Kegiatan
1). Rapat Koordinasi antara Pendamping Perencanaan Propinsi, Kabagren Dinas pendidikan (Azwar, SE) dan Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat (Drs. Burhasman Bur, MM) Membicarakan Hal-hal yang berkaitan dengan Kegiatan Pustakamaya serta strategi dalam mensukseskan kegiatan ini
2). Berkoordinasi secara terpisah dengan Kepala Badan Perpusatakaan Daerah Propinsi Sumatera Barat (Jusnimar/075141527/Sekretaris). Dari pertemuan tersebut dihasilkan kesepakatan untuk Sharing Dana/Biaya Kegiatan dalam rangka pelaksanaan Workshop Pustakamaya di Propinsi yang Jadwal dan Besarnya biaya akan ditentukan dalam pertemuan tingkat Pimpinan (Kepala Badan Perpusatakaan Daerah dan Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat)
3). Membuat situs atau website http://pustakamaya.sumbar.org

Agenda Selanjutnya:
1). Rapat Koordinasi antara Kepala Dinas Pendidikan, Bagren dinas Pendidikan, sekretaris dan Kepala Badan Perpustakaan Daerah serta Pendamping Perencanaan Propinsi dalam rangka membicarakan dan menyepakati besarnya biaya dari kegiatan yang aakn di tanggung bersama.
2). Melaksanakan Workshop Pustakamaya di Propinsi Sumatera barat yang akan diikuti oleh seluruh Dinas Pendidikan Kab/Kota yang ada di Sumatera Barat, ICT Center, Perguruan Tinggi (Provider PJJ), dan Masyarakat
3). Dalam Kegiatan Workshop tersebut akan lakukan juga workshop Sistem Pembelajaran on-line menggunakan Moodle dan Dokeos.
4). Melaksanakan kegiatan yang sama disetiap Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat, sehinga setiap Kantor Dinas Pendidikan Memiliki Server Pustakamaya sendiri
Diposkan oleh Pendamping Sumbar di 10:59:00 AM
Label: Pustakamaya SUMBAR

Iklan

2 Replies to “Program Sinergi “Pustakamaya” antar Lembaga Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat dengan Badan Perpustakaan Daerah Propinsi Sumatera Barat””

  1. wow bapak masih eksis buanget y,….
    btw komentar aq kok gx di balezzzz
    😦
    ===================
    capa bilang gak di bales.. nich bukti nya..!!
    heheheheh
    keep succes ya..!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s