Mendapatkan Uang dari Internet melalui Program Afiliasi

Affiliate Program atau Program Afiliasi adalah merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari internet tanpa harus menjual produk/layanan yang anda hasilkan sendiri. Hal ini bisa dianggap benar dan bisa dianggap tidak benar jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda.

Jika anda mengikuti program afiliasi yang seperti yang disediakan oleh Amazon memang benar bahwa produk yang anda pasarkan bukan merupakan produk anda sendiri. Namun jika dilihat lebih jauh lagi, untuk memasarkan produk tersebut anda harus memiliki sebuah situs web – apapun bentuknya – sebagai sarana utama. Situs web anda ini, yang bisa ada karena usaha anda mendisain, membuat dan merawatnya, adalah salah satu produk/layanan yang harus pertama-tama anda ‘jual’ sebelum anda bisa menjual produk dari program afiliasi tadi. Sebab jika situs web anda itu sendiri tidak ‘laku’, bagaimana anda bisa menjual produk afiliasi dari program yang anda ikuti?

Langkah-langkah etis ‘menjual’ situs anda akan kita bicarakan pada posting yang akan datang. Kali ini kita akan membicarakan mengenai program afiliasi secara umum.

Program afiliasi adalah program yang memberikan imbalan komisi dalam persentase tertentu jika anda sebagai peserta program merefer (merujuk) ke sebuah situs web, biasanya melalui text link (tautan teks) atau banner (spanduk gambar/grafis) yang anda letakkan di situs anda. Dalam kata lain jika seorang pengunjung mengklik tautan teks atau spanduk dan dengan sendirinya dihantarkan ke situs web penyedia produk/layanan tersebut anda akan mendapat imbalan berupa komisi dari mereka. Biasanya untuk ikut serta dalam program afiliasi tidak dipungut biaya apapun. Anda cukup mendaftar sebagai peserta program dan anda akan dibekali dengan cara-cara untuk membuat tautan afiliasi di situs anda. Sistem afiliasi yang baik juga biasanya menyediakan berbagai tips bagaimana cara memaksimalkan pendapatan anda dari program tersebut tanpa menyalahi norma-norma yang berlaku di internet.

Tentunya semua program afiliasi menetapkan syarat-syarat yang harus anda penuhi agar anda bisa turut serta dalam program tersebut. Syarat utama yang harus anda penuhi adalah memiliki situs web yang berfungsi dengan baik. Syarat-syarat lainnya bervariasi antara satu program dan lainnya. Pada saat mendaftar biasanya anda harus menyebutkan alamat situs web anda untuk mereka review. Apakah situs web anda dianggap memenuhi syarat atau tidak, akan diberitahukan kepada anda setelah mereka melakukan penilaian.

Anda akan mendapatkan komisi dari Amazon jika pengunjung situs tersebut (yang datang melalui tautan di situs anda) membeli produk yang mereka tawarkan atau mendaftar sebagai afiliasi, hanya dalam satu session (sesi) kunjungan. Artinya pengunjung yang disebut di atas melakukan pembelian/mendaftar segera setelah tiba di situs tersebut dari situs anda, sebelum menutup browser yang digunakannya. Ada juga program afiliasi lain yang masih memperhitungkan pembelian yang dilakukan sampai 30 (tiga puluh) hari setelah kunjungan pertama yang berasal dari tautan di situs anda.

Sistem PPC bahkan akan memberikan komisi jika seseorang mengklik tautan afiliasi di situs anda, tanpa memperhitungkan apakah mereka melakukan pembelian atau tidak. Contoh afiliasi jenis ini adalah Google AdSense.

Anda tentunya berpikir, betapa mudahnya mendapatkan uang dari sistem Pay Per Click ini:

“saya cukup mengajak teman-teman saya untuk mengklik tautan afiliasi di situs saya, dan di akhir bulan saya akan dikirimi cek oleh penyedia program afiliasi yang saya ikuti”.

Sebaiknya anda berpikir seratus kali sebelum melakukan hal yang melanggar hukum itu. Dengan berbuat demikian anda jelas-jelas menyalahi aturan yang sudah anda sepakati pada saat mendaftar pada program afiliasi tersebut dan hal ini bisa berakhir dengan penghapusan account afiliasi anda atau bahkan penuntutan di pengadilan. Jika ini adalah sebuah bisnis yang menghasilkan bagi mereka, tentu mereka juga akan sedapat mungkin berusaha menjaga kelangsungan bisnis ini.

Hati-hati untuk tidak terjebak dalam Pyramid Scheme – Skema Piramida atau MLM – Sistem Penjualan Berjenjang yang mengharuskan anda membayarkan sejumlah uang untuk menjadi anggota yang pada gilirannya membuat anda ‘terpaksa’ melakukan hal-hal yang tidak sepatutnya agar bisa merekrut anggota baru untuk menutupi biaya yang sudah anda keluarkan. Apalagi jika anda diharuskan mengeluarkan biaya tambahan/iuran – apapun namanya – atau membeli produk/layanan yang mereka sediakan secara berkala agar bisa terus menjadi peserta program tersebut. Tidak ada yang salah dengan MLM sepanjang sistemnya benar dan dijalankan dengan benar:

* Ada produk/layanan yang dijual

* Sifat produk/layanan itu sendiri yang jelas dan tidak meragukan

* Komisi yang anda terima adalah merupakan bagian dari hasil menjual produk/layanan tadi atau bagian dari hasil penjualan yang dilakukan downline anda, bukan berasal dari persentase iuran keanggotaan atau biaya lainnya yang dikeluarkan oleh downline anda

Agar bisa mengenal dan memilih program afiliasi yang cocok untuk anda, jalan satu-satunya adalah dengan mencoba sendiri secara langsung satu persatu setiap program yang ada selama jangka waktu tertentu, dan kemudian memilih satu atau beberapa program yang benar-benar memberikan hasil nyata. Anda bisa memulai mencari program yang akan anda ikuti melalui Google.

Iklan

5 Replies to “Mendapatkan Uang dari Internet melalui Program Afiliasi”

  1. Hmmmm…pak guru ! artikelnya mantaps dan komplit banget.
    Memang sudah saatnya guru semakin kreatif. Tidak “ngatung terus kepada pemerintah” minta diberi santunan ini dan itu.
    Banyak hal yang bisa dilakukan melalui internet. Salah satunya adalah mengikuti program afiliasi ini.
    Afiliasi internasional memang terkadang sedikit rumit, dan syaratnya banyak. tapi tidak perlu patah semangat. Afiliasi lokal dengan memakai sistem viral marketing (bukan MLM) juga menjanjikan kok.
    Saya sudah mengikuti bisnis seperti ini hampir 4 bulan dan alhamdulillah semakin hari semakin tampak hasilnya. Walaupun belum sampai berjuta-juta, paling tidak sudah melebihi gaji saya sebagai guru.
    Barangkali tertarik, referensinya ada di blog saya! silakan diobrak-abrik, hehehe…

    Salam Istimewa!
    KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis Online dan Info Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s