Pembentukan Forum Komunikasi Guru TIK SUMBAR

adang, April 2008

Bulan April 2008 yang lalu dalam TC Olimpiade TIK Sumatera Barat di Hotel Pangeran City, Padang, Sumatera Barat, telah disepakati Oleh Perwakilan Guru TIK Sumatera barat untuk membentuk Forum Komunikasi Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi Sumatera Barat (FGTIK SUMBAR).

Forum Ini digagas Oleh Peserta TC Olimpiade TIK Bpk. Agus Hendri, S.Kom (SMA N 1 Enam Lingkung Kab.Padang Pariaman), dan langsung mendapat sambutan yang Baik dari Seluruh Peserta TC Olimpiade TIK.

untuk selanjutnya langsung dilaksanakan pembentukan kepengurusan Forum komunikasi Guru TIK SUMBAR, dan terpilih secara aklamasi Bbk. Agus Hendri, S.Kom (abank) sebagai Ketua FGTIK Sumbar,

berikut susunan Kepengurusan FGTIK SUMBAR:

STRUKTUR PENGURUS FORUM KOMUNIKASI GURU TIK SUMBAR

PENASEHAT : NARWEN, M.Si

ZULFI, M.Si

Kasubdin Tentif Dinas Pendd.

KETUA : AGUS HENDRI, S.Kom

SEKRETARIS : BUDI SANJAYA, S.Kom

BENDAHARA : HENGKI

KOORDINATOR

1. KAB PESISIR SELATAN : IQBAL HADI, S.Pd

2. KAB DHARMASRAYA : AGUS SUTANTO, S.Pd

3. KAB SIJUNJUNG : RAHMA MAULIDA, S.Pd

4. KOTA SAWAH LUNTO : RAFKI RUSDIAN, S.Pd

5. KAB SOLOK SELATAN : RIKO MULIADI, S.Kom

6. KAB SOLOK : NOFIARDI, S.Pd

7. KOTA SOLOK : HENDRA PERDANA, S.Kom

8. KOTA PADANG : ANDI SUSILO, S.Kom

9. KOTA PARIAMAN : ABDUL MUNIR, S.Kom

10. KAB PADANG PARIAMAN : HAKIMI BAIGAS

11. KOTA PADANG PANJANG : DEVI ANGGRENI, S.Kom

12. KAB TANAH DATAR : OKI NOVIENDRA , S.Kom

13. KAB AGAM : VERIZAL, S.Kom

14. KOTA BUKITTINGGI : YUMMASTIAN, M.Kom

15. KOTA PAYAKUMBUH : FAUZUL NUZWIR, S.Kom

16. KAB 50 KOTA : SYAMSIR HIDAYAT, S.Pd

17. KAB PASAMAN BARAT : M.TAUFIK

18. KAB PASAMAN : LILA GUSNITA, S.Kom

19. KAB MENTAWAI : DOMINIKUS

Padang, 27 April 2008

Forum Komunikasi Guru TIK SUMBAR

Pengurus,

Iklan

40 Replies to “Pembentukan Forum Komunikasi Guru TIK SUMBAR”

  1. komentarnya di publikasikan aja …
    ====
    yupe, pasti bu..
    Open Commented..
    sering sering berkunjung dan kasih masukan yah..
    kalo bisa jadi kontributor..
    biar Publish juga disini..
    makasih buaaaaaaaaaaaannnnyyyaaaaaaaakkk..

    best regards,
    -=BS=-

  2. kpan ni.. follow up forum komunikasi yang di bentuk di pageran kemaren
    ??
    =================
    dear Bu Nolla, Pa Khabar…
    ya nech.. sabar yach..
    kita lagi nyusun Draft AD/ART buat Forum guru TIK SUMBAR
    ntar kalo dah agak kelar.. di publish deh,buat di komentarin juga..
    coz.. nyusun na mayan repot..
    ngak ada panduan sech..
    hehehehhe
    kalo ada ide gift me juga ya,
    btw,makacih udah “ngagetin” hehehe

    Best Regards,
    -=BS=-

  3. Assalamu’alaikum wr wb.

    Saya juga guru tik di kab padang pariaman, saya ingin lebih tau forum guru tik sumbar gimana caranya ? dan jika ada informasi lebih lanjut ttg pembelajar TIK tolong beritahu saya. terimakasih !!!

    wassalam

    adriyeni

  4. dear All
    Untuk sementara Forum guru TIK, berkantor dan sekretariat di http://www.guru.edu.tf

    mengingat jangkauan dan jarak yang luas, kita manfaatkan WebLog ini untuk saling berkomunikasi dan bertukar pengetahuan..
    kedepan akan dirancangkan Web Forum sehingga bisa menjadi basis share pengetahuan dan informasi sesama Guru TIK.

    mohon dukungan dan sumbang saran-nya.

    best regards,
    -= BS =-

  5. Pak, bu, klo bisa dibuat forum onlinenya juga biar bisa saling berdiskusi berbagai persoalan guru TIK. BTW, jika sdh ada, boleh ikut join gak?

    Trims.
    ====================
    so pasti..
    kontribusi na ditunggu, dan ntar kalo web Forum na dah di buat langsung deh di publish beritahu
    ke rekan semua
    thanks ya,

    best regards,
    bs

  6. Saya jg guru tik, gimana cara untuk lebih tau tentang forum ini. Apakah kita bisa diskusi secara online tentang kendala yang kita hadapi dlm pembelajaran TIK (materi KTSP)
    ====================
    ya bu lusy,
    segera akan kita selesaikan web Forum nya biar bisa saling Diskusi.

  7. salam kenal. saya guru TIK di MAN Pulai Lubuk Basung Agam. saya menyambut gembira hadirnya forum guru TIK ini, semoga tambah jaya. untuk di Agam, gimana nih? pak verizal ngajar di mana?
    =======================================================
    makasih pak,
    silahkan koordinasi dengan pengurus daerah,
    kita segera terbitkan AD/ART nya..

    -= BS =-

  8. bagus nih, perkembangan tik di sumbar jadi lebih kompak. saya denger SMA dan SMK juga sudah pakai printer laser ya, kalau gk salah pakai xerox docuprint 203A. bener gk ya? semua atau beberapa aja ya!

  9. Blog ini kayaknya nggak di update lagi ya? sayang nih, dah ada wadah kok nggak di gunakan? jangan “angek2 …….” kalau bisa up date terus agar kita bisa sharing.OK

  10. kalau udah udah ada forum tingkat sumbar mestinya juga harus ada forum tk Daerah dan didaerah daerah belum ada sosialisanya jadi bagaimana kita akan berkomunikasi jadi jangan bikin yang sumbarnya kl di daerah ng bisa jalan

  11. buat para guru yang membaca tulisan ini tolong partisifasinya.
    kami selaku dewan guru MTs NU Tegalpelem di Desa Druntenkulon Kecamatan Gabuswetan Kab. Indramayu Merasa prihatin terhadap honor yang kami terima selama ini. Bayangkan kami mengajar per jam nya hanya dinilai dengan banderol 1600 belum lagi permasalahan pembagian dana tunjangan fungsional yang seharusnya kami terima penuh, ternyata mendapat potongan lebih dari 50 % nya. Bayangkan satu orang guru hanya mendapatkan 250.000,sedangkan sisanya kemanakan???????????.
    Tolong dengarkan rintihan kami ini selaku tenaga pendidik, sebab bagaimana kita menjadi seorang tenaga pendidik yang profesional bila ternyata,kesejahteraan kami tidak diperhatikan.
    kami sudah mengadakan komunikasi dengan fihak yayasan namun hasilnya nihil, tanpa jawaban yang jelas.
    apakah permasalahan ini umum terjadi di lingkungan pendidikan kita ataukah hal ini hanya terjadi di sekolah kami?.
    lalu bagaimana solusinya?.
    Tolong tanggapi komentar ini di alamat e-mail: jaya_dodi@yahoo.com
    atas partisifasinya kami ucapkan terimakasih

    1. Dengan adanya kebijakan baru yang telah dimusyawarahkan dengan pihak sekolah ahirnya masalah ini terselesaikan,dengan bijak tidak ada lagi yang perlu dikeluhkan

      Seiring dengan perkembangan dan kemajuan Mts NU Tegalpelem kini semuanya dapat benafas dengan lega, semua yang ditulis mengenai mts nu tegalpelem merupakan kekeliruan belaka dan permasalahannya sudah di mselesaikan melalui musyawarah,pencapaian hasil musyawarah tersebut terbukti dengan,dengan bangunan dan fasiulitas yang modern sebagai wujud pelaksanaan dari visi dan misi mts kami

      1. ASS.WR.WB
        Sangat menyedihkan memang disaat pemerintah sedang memperhatikan sekali sektor pendidikan, yang konon sekarang ini pemerintah sedang meningkatkan kesejahteraan guru, namun kenyataan dilapangan sangat bertolak belakang. Ini terbukti dengan yang di alami Bpk Dodi Jaya. Kami Juga Merasakan hal yang sama . Memang betul yang kami lihat dan kami rasakan si sekolah MTS NU Tegalpelem seperti itu adanya potongan Tunjangan Fungsional dari Depag dipotong dengan kisaran 650 rb-100rb dengan cara meminta kartu ATM Guru2 (ATM dipegang Kepsek) , kami ini guru2 yang tidak bisa mengandalkan honor per jam, kami maklum dengan pembayaran honor yang sangat minim namun tolong adanya tunjangan itu hendaknya tidak dipotong.

        Tunjangan Fungsional juga dimanipulasi oleh pihak sekolah tidak sesuai dengan aturan pemerintah bahkan yang tidak mengajar pun dapat tunjangan fungsional ini terjadi karena pihak sekolah untung dengan hasil potongan tersebut.

        Mohon kepada instansi terkait agar dapat memperhatikan realita dan melakukan kontrol dilapangan baik itu dana BOS , BOM dan Lainya karena jangan sampai pemanfaatanya tidak sesuai dengan dilapangan, dan juga dibuatkan perlindungan yang jelas terhadap guru2 Honor.

        Sangat ironis memang dana2 pemerintah yang sangat besar untuk kemajuan generasi penerus tidak dimanfaatkan dengan tepat sasaran sesuai dengan JUKNIS bahkan sampai hak2 gurupun di potong

        Pak Dodi mari kita Promosi sekolah MTS NU Tegalpelem demi kesejahteraan guru, Hak murid dan Kebenaran. Kami Sangat prihatin kondisi Pak Dodi saat ini karena pa dodi berdiskusi perihal MTS NU.

        Pa Dodi Kenapa kemarin gak hadir pada saat rapat kami semua nunggu lho di Rapat guru.

        Hidup Guru2 MTS NU Tegal Pelem yang penuh penderitaan. Pengabdian kita jangan putus walaupun kita di dzolimi.

        Kami Guru – Guru mengucapkan selamat jalan Pa dodi semoga pengabdianmu bisa dilakukan di tempat yang lebih baik amiiiin…….

      2. Jangan bohong pa dodi,kan blon ada kesepakatan, buktinya kemarin ada siswa mogok sekolah dan terakhir demo siswa, cuman sayang nya kenapa gak sekalian gabung ama gurunnya yahhh….. kayane mah pada wedi gurune padahal dah tandatangan 17 guru . harusnya tuntutan guru2juga disampaikan. malahan kesempatan kan ada wartawan dankru TV. yaahhhbisa masuk TV gratis kan. belum lama kan ada rapat guru gak ada kesepakatan juga tuhhhh.

        Pa dodi ngajar dimana sekarang

    2. Wah yang punya situs harus berterimakasih pada aku neh, karena SITUSNYA sering dibuka oleh sekolah kami. SEKALIAN PROMOSI HARAP KUNJUNGI BLOG DODI DI : ceritakaryailmiah.blogspot.com

    1. hi bu dewi.. kepengurusan dibentuk dalam TC pelatih Olimpiade Komputer di Pangeran City, tentunya kepengurusan dapat berubah suatu saat nanti.. kalo minat silahkan Nimbrung disini.. Anggota Qita dari Seluruh Sumbar Lho..
      ide bagus tu buk.. kapan kapan kita Nimbrung “ngumpul” perrkaya Ilmu dan Pengetahuan..

  12. Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Saya selaku masyarakat Sumbar sangat mendukung Pembentukan Forum Komunikasi Guru TIK SUMBAR ini, kapan lagi guru [pendidikan TIK red] daerah kita mempunyai sebuah media untuk mengembangkan kreatifitas dan saling sharing informasi dan ilmu diantara mereka.
    Salam kangen Buat Pak Dedi dan Ibuk serta guru-guru MAN Pulai tanpa terkecuali…. Keep Spirit n Istiqamah

  13. ya kami sangat perihatin atas kejadian yang meinimpa saudara-saudara kita di MTs NU Tegalpelem Indramayu yang dipecat tidak sesuai dengan lembaga. Untuk menanggapi masalah yang sangat kronis di MTs NU Tegalpelem tersebut, saya sarankan untuk melaporkan ke pihak DEPAG. Karena saudah banyak penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di dalamnya.
    Hidup pad Dosi

    1. Kami siswa dan siswi MTS dan SMK NUTegal Pelem, Gabuswetan, Indramayu .
      Keluhan Guru2 itu semua benar adanya dan terjadi di MTS dan SMK NU Tegalpelem. Memang sangat prihatin kondisi guru guru di sekolah. Sudah bayaran kecil dapet tunjangan dipotong habis pullaaa………..bahkan dana PSAA dari dinsos untuk siswa tidak diberikan ke kami.

      Beasiswa untuk kami yang berprestasi yang diajukan dan sudah cair juga tidak kami terima.

      Dana Bantuan komputer 150 jt kemana. Guru mengusulkan Printer untuk praktek juga tidak ditanggapi, sarana Whiteboard di ruang Lab. gak ada, Komputer ada 14 namun cuma berfungsi 7 karena listrik kurang daya. Waktu itu ada guru KKPI yang mengusulkan namun tidak ada tanggapan bahkan di anggap duri buat sekolah. Kemana yah teman uangnya…..

      di Yayasan Manbaulhuda ketua yayasannya sudah seperti Ratu pada kerajaan . sedangkan Kepala sekolah yang merupakan Suaminya tidakmempunya ketegasan seorang Kepsek kalah sama istri heeeee .

      Ada program Paket C program Gratis pemerintah ternyata dipungut biaya.

      Gurunya juga ada yang tamatan SD kaya Pak Kasim yang Gayanya menyebalkan suka nantang kami berantem. memang kacau belaratan… tolonngggg pak Depag atau pemda di deleng sya ini.

      Guru-guru mo pada berhenti karena kesel ama sistem kerajaan ning yayasan.

      gimana kami……. kami gak bisa tahan karena kami sadar guru juga manusia yang perlu makan….. wong gaji pak guru kami tau ada yang 60 rb per bulan

      DEPAG LONTOOONGGGG EH TOLONGGGGG

  14. tlg dong pa/bu ya2san guruya jgn ganti2 truz tar siswaya pd ke blinger.sbnry da msalh pa sh di nu tu???…ko kyaya rumit bgt.

  15. Terlaluuuuuuuuuuuuu kalau kaya gitu mah namanya sekolah mainannn hehhee. Masa Sekolah yang dipegang oleh yayasan yang notabene muslim sistemnya mencekik. ingat dosa gak tuhh, pimpinan sekolahnya. mudah-mudahan ada balasannya amiiinnnnn.

    ingat rejeki itu terkadang musibah, cobaan, Adzab, atau memamng rahmat. Hanya Allah yang tau.
    Sabar yahhh bapak2 guru dan anak2 penerus bangsa

  16. Pendidikan tak layak
    Hidup guru-guru MTs dan SMK NU Tegal pelem yang mo keluar demi kebenaran semoga dapat tempat yang lebih baikkk amiiinnn, dari pada di sekolah banyak penipuan kaya apa ajah…… sekolah apa gembong penjahat.

    Berjuang sihhhh ya berjuang guru juga perlu makan ommmm, emang bisa makan batu, sembarangan ajah, lanjutkaannn !!!!!!!!!!!!!

    Kompakan dan satukan demi perjuangan guru. Allahu akbar

  17. enak sekolah di smk nu tegalpelem indramayu. sekolahnya bebas aturan. boleh merokok..boleh pacaran..malah mabuk pun ga ada yang melarang. karena ada yang melindungi sih. makanya kalo kamu pengen sekolah bebas masuk saja ke smk nu tegalpelem dijamin betah..
    ayo daftar pasti pada diterima ko. ga perlu persaratan ini itu. yang penting bayar.

      1. gak boleh kaya gitu gimana, emang kenyataan. beneran kejadiannya di MTS dan SMK NU Tegalpelem ra beres. emang bener pasti lulus disitu mah ra belajar juga tenang kita kan dah lama ngajar di situ paham bener dehhhh.

  18. para guru2 yang ada di sekolah smk/mtS nu tegalpelem sing pada sabar bae. mudah2an ada balasannya dari yang di atas (Allah) amien………………………………………
    sebetulnya sekolah di smk/mtSnu itu kalau yang berprestasi ada beasiswanya engga sich???
    klau menurut saya di mana2 yang namanya sekolahan itu kalau ada yang berprestasi itu mendapatkan beasiswa biar anak itu belajarnya nambah semangat karena ada yang di tujuyaitu ……………………………….
    yah ngerti sendirilah .
    saya berharap sich mudah2an buln depan ada kemajuan dikit . yach……..walaupun engga punya kaki sekolahanya.
    para guru yth jangan pernah bosan mengajar dan berbagi ilmu di smk/mtSnu karena kami para siswa sangat mengharapkan ilmu dari mu .

    by:siswa yg pduli smk

  19. Terimakasih aku ucapkan buat teman-teman yang telah memberiku motifasi supaya tetap berkiprah di jalur pendidikan,alhamdulillah sekarang aku mengajar di sekolah lain,aku tetap ihlas,buat semua kalangan yang mungkn menyalahkan terhadap tindakan yang aku lakukan,mohon sumbangsh ilmu nya di blog saya: ceritakaryailmiah.blogspot.com. juga saya mohon maaf kepada teman2 pengasuh blog ini karena sedikit nya turut gabung di forum teman2 semua,telrlebh kpd bapak budi sanjaya saya minta maaf,dan saya ucapkan pula salam kenal buat semua bapak/Ibu guru TIK se SUMBAR,meskipun saya bukan guruTIK juga bukan dari SUMBAR izinkan saya tetap menyimak bloG Teman2 semua,sbg sharing ilmu pengetahuan yg kt miliki,mudah2 an amal ibadah kt di balas oleh allah swt,amiiin.TETAPLAH MAJU PAHLAWAN TANPA JASA KIBARKAN SEMANGAT UNTUK MENCERDASKAN GENERASI BANGSA.

  20. Kamis, 15 Oktober 2009

    Kepsek Diduga Gelapkan Anggaran Sekolah
    Ratusan Siswa dan Guru SMK NU Demo

    INDRAMAYU,(GM)-
    Ratusan pelajar dan guru SMK Nahdlatul Ulama (NU) Gabuswetan, Kab. Indramayu berunjuk rasa, Rabu (14/10). Aksi ini dilakukan menyusul protes terhadap kepala sekolah (kepsek) yang diduga menggelapkan anggaran.

    Bahkan mereka pun menuding kepsek telah bertindak sewenang-wenang dengan memecat sejumlah guru tanpa proses yang benar. Dengan membentangkan spanduk dan poster, para pengunjuk rasa yang terdiri atas ratusan siswa dan guru itu berorasi, menuntut agar Kepsek SMK NU mundur dari jabatannya.

    Menurut Riyanto, siswa kelas 2, tuntutan para siswa antara lain segera direalisasikannya anggaran beasiswa untuk siswa tidak mampu, yang sampai tahun kedua berdirinya sekolah ini tidak pernah diberikan. Tuntutan lainnya, penambahan fasilitas komputer dan fasilitas lain guna menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM).

    “Kami dengar anggaran untuk bantuan komputer dari pemerintah sudah diterima sebesar Rp 150 juta, tapi mana buktinya? Hanya ada 10 unit, itu pun yang aktif hanya enam karena daya listriknya tidak mendukung,” ungkapnya.

    Hapus biaya UTS

    Hal senada dikatakan Ani Nurliawati, seorang siswi. Para siswa, katanya, menuntut penghapusan biaya ujian tengah semester (UTS) yang selama ini dikenakan pada mereka. Soal denda dua kali lipat atas keterlambatan pembayaran SPP bulanan sebesar Rp 60 ribu dari Rp 30 ribu yang semestinya, lanjut Ani, menjadi tuntutan berikutnya.

    Ani menambahkan, aksi mogok belajar juga dipicu oleh seringnya pergantian guru, sehingga memengaruhi metode dan konsentrasi belajar para siswa. “Jika semua tuntutan tidak dikabulkan, kami akan terus mogok belajar atau kepala sekolah harus mundur dari jabatannya,” tegasnya.

    Kondisi yang dialami SMK NU Gabuswetan dibenarkan oleh dua orang guru, yakni NURPANDI dan DIDI CASMADI. Nurpandi meminta agar kepsek transparan dalam pengelolaan keuangan, yang semestinya tertuang dalam anggaran pendapatan dan belanja sekolah.

    Ia juga mendesak agar pihak sekolah tidak mencampuradukkan kegiatan internal lewat campur tangan yayasan. “Sekolah harusnya independen. Keterlibatan yayasan hanya menyangkut pengelolaan umum tanpa harus mencampuri operasional KBM dll. di internal sekolah,” ujarnya.

    Dihubungi via telepon, Kepsek SMK NU Gabuswetan, Muhammad, membantah semua tudingan tersebut. Ia juga membantah terjadi aksi mogok belajar di sekolah yang dipimpinnya. “Ini hanya rekayasa dan kerjaan orang-orang yang tidak senang terhadap dunia pendidikan. Proses KBM tetap berjalan seperti biasa,” tukasnya.

  21. BU DANIAH SEBAGAI GURU AKIDAH AKHLAK DI MTS NU TEGALPELEM JANGAN MENGAJARKAN KETIDAK BENCIAN KEPADA ANAK…ANDA ITU GURU,APALAGI GURU AKIDAH AKHLAK…..

    BUAT PA HASYIM GURU KESISWAAN MTS NU TEGALPELEM TOLONG SEKOLAH LAGI MASA GURU GA PUNYA IJAZAH SATUPUN..MAKANYA TAK HERAN KALO ADA ANAK YANG TANYA DI AJAK BERANTEM KALO PA HASIM GA BISA JAWAB…

  22. Lho Pak didi mash ngajar toh?……..
    Padahalkan menurut keterangan diatas kan…katanya membenarkan…masih ngajar juga pak….waduh selamat lolos dari…ehem…ehem…ehm…
    Waduh…ada apa ni sebenarnya…
    Due kemat apa pak???

    1. hahahaha maen bliyar se wak baa??? di tunggu..!!

      Best regards, Budi Sanjaya, S.Kom Pengembang IT R_SMA_BI SMA N 1 Lubuk Alung Mobile         : 0812 67 08569 YM              : budi13_99

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s